Pelatihan Dokter dan Tenaga Kesehatan Desa Sepanjang

SMARThealth memiliki dua fungsi utama. Fungsi yang pertama adalah membantu kader kesehatan dalam mengidentifikasi pasien yang memiliki risiko tinggi terhadap penyakit jantung dan merujuk pasien kepada dokter untuk penanganan yang sesuai. Sedangkan fungsi yang kedua adalah membantu para dokter dalam mengelola pengobatan terhadap pasien. Dengan menjalankan kedua fungsi tersebut diharapkan SMARThealth mampu menurunkan angka kejadian penyakit kardiovaskular terutama di negara berkembang.
Dokter dan tenaga kesehatan yang memang bertugas untuk melayani penduduk pada wilayah kerja (Puskesmas atau Ponkesdes) masing-masing. Akan tetapi dalam program SMARThealth ini, layanan akan ditujukan pada masyarakat baik laki-laki maupun perempuan dengan umur 40 tahun ke atas, yang bertempat tinggal di lokasi program SMARThealth yang telah ditentukan.



Dokter dan tenaga kesehatan yang dilibatkan dalam program SMARThealth ini diminta untuk meluangkan waktunya untuk memeriksa dan memberikan terapi pada pasien SMARThealth bila diperlukan.
Agar tugas dan tanggung jawab dokter dan tenaga kesehatan yang terlibat dalam program intervensi SMARThealth bisa berjalan sebagaimana mestinya, mereka perlu mendapatkan pelatihan dari SMARThealth.
Untuk pelatihan dokter dan tenaga kesehatan Desa Sepanjang yag pertama diadakan pada hari Rabu, 26 Oktober 2016 bertempat di Ruang Pertemuan Puskesmas Gondanglegi, mulai dari pukul 09.00 WIB hingga selesai. Pemateri dalam pelatihan ini menghadirkan dr. Nuretha Hevy Purwaningtyas, Dipl. FM dari Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FKUB) Malang.
Karena dokter dan tenaga kesehatan sudah memiliki pengetahuan perihal penyakit kardiovaskular dan piawai dalam menggunakan alat-alat kesehatan yang digunakan dalam program SMARThealth, maka fokus pelatihan lebih ditekankan kepada cara menggunakan aplikasi SMARThealth untuk dokter dan tenaga kesehatan.
Dalam pelatihan ini, hadir 3 orang tenaga kesehatan dari Ponkesdes Sepanjang, dan dr. Wahyu Widiyanti, Kepala Puskesmas Gondanglegi. *** [261016]

Foto pelatihan dokter dan tenaga kesehatan Desa Sepanjang bisa di lihat di sini

0 Comments: