Sarasehan Program Kesehatan Lansia di Ardirejo

Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FKUB) dr. Sri Sunarti, SpPD-KGER bekerjasama dengan Pemerintah Kelurahan Ardirejo menyelenggarakan Sarasehan Program Kesehatan Lansia bertajuk “Pencegahan Sindroma Kerapuhan dan Peningkatan Kualitas Hidup Pada Lansia” di Pendopo Kelurahan Ardirejo, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang pada Kamis (16/01/2020).
Acara ini sedianya akan dibuka dengan sambutan dari Lurah Ardirejo. Namun karena beliau berhalangan hadir, maka pengisi sambutan dalam acara sarasehan tersebut diwakilkan kepada Eko Darmawan, S.Pd. Dalam sambutannya, Eko Darmawan mengapresiasi program kesehatan lansia yang telah dirintis oleh dosen FKUB tersebut di Kelurahan Ardirejo. Ia pun menghimbau kepada warga lansia Kelurahan Ardirejo agar berpartisipasi dalam kegiatan tersebut karena program tersebut memberikan manfaat bagi kesehatan lansia di Kelurahan Ardirejo.

Foto: Sambutan dari pihak Kelurahan Ardirejo, Kecamatan Kepanjen

Setelah sambutan dari pihak Kelurahan Ardirejo, acara dilanjutkan dengan sesi materi dan dialog yang berkisar tentang pencegahan sindroma kerapuhan dan peningkatan kualitas hidup pada lansia. Sesi materi ini disampaikan oleh dosen FKUB dr. Sri Sunarti, SpPD-KGER dengan judul materi Latihan Resistensi Progresif, Diet Tinggi Protein, Suplementasi Vitamin D, dan Terapi Dzikir Istighfar (100 kali).
Dalam paparan materi tersebut, dr. Sri Sunarti, SpPD-KGER menjelaskan bahwa materi-materi yang disampaikan itu memiliki manfaat terhadap lansia. Manfaat dari latihan resistensi progresif adalah memperbaiki kondisi kekuatan, fleksibilitas, dan kebugaran fisik secara keseluruhan, memperbaiki mobilitas yang dan memperlambat onset dari disabilitas yang terkait dengan gangguan mobilitas, meningkatkan kemungkinan adanya transisi dari disabilitas terkait mobilitas menjadi tanpa disabilitas, mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, stroke, hipertensi, diabetes melittus tipe 2, osteoporosis, obesitas, kecemasan, depresi, dan penurunan kognitif, mengurangi kemungkinan jatuh dan cedera terkait jatuh, serta meningkatkan outcome pasien dengan beberapa kondisi kronis (gagal jantung, nyeri kronis).

Foto: dr. Sri Sunarti, SpPD-KGER dalam sesi materi dan dialog dengan lansia di Kelurahan Ardirejo

Manfaat dari tinggi protein dapat meningkatkan kesehatan otot para lansia, mencegah sarkopenia, dan membantu menjaga keseimbangan energi, manajemen berat badan, dan fungsi kardiovaskular.
Manfaat suplementasi vitamin D adalah mengurangi risiko untuk masalah kardiovaskular, kanker dan diabetes, mencegah peluang untuk masuk panti jompo lebih dini, menurunkan risiko gangguan tulang dan osteoporosis, dan mencegah dari jatuh dan patah tulang.
Adapun manfaat dari terapi dzikir itu, akan membuahkan rasa syukur dan terima kasih kepada Allah SWT, serta menimbulkan rasa sayang sesama dan merasa beruntung, berbahagia, masih dilebihkan Allah daripada orang lain yang lebih berat ujiannya/penderitaannya/rasa sakitnya.
Oleh karena itu, menurut dr. Sri Sunarti, SpPD-KGER dalam tiga bulan kedepan ini kegiatan yang memberi manfaat kepada lansia tersebut akan dilaksanakan di Kelurahan Ardirejo, Kecamatan Kepanjen.

Foto bersama dengan tamu undangan yang hadir dalam sarasehan

Dalam implementasinya, dr. Sri Sunarti, SpPD-KGER akan dibantu oleh lima perawat muda yang tangguh, telaten, dan terampil dalam mendampingi para lansia di sana. Kelima perawat muda yang telah dibekali dengan sejumlah pelatihan tersebut akan melaksanakan program kesehatan lansia tersebut.
Tampak hadir dalam sarasehan itu adalah sejumlah perangkat Kelurahan Ardirejo, dokter internship, perawat dan bidan dari Ponkesdes Ardirejo, pengurus posyandu yang ada di Kelurahan Ardirejo, para lansia, serta Tim SMARThealth. Dari bagian buku tamu, tercatat ada 43 orang yang hadir dalam sarasehan tersebut.
Dalam acara itu, dr. Tedy, dokter internship yang bertugas di Kelurahan Ardirejo diberikan kesempatan untuk memberikan ulasan terhadap program kesehatan lansia ini. Selain itu, perwakilan dari lansia juga dipersilakan untuk memberikan pandangannya akan program ini.
Acara ditutup dengan sesi foto bersama kepada seluruh tamu undangan yang hadir dalam kegiatan sarasehan yang dihelat di pendopo kelurahan tersebut. *** [160120]


Penulis : Budiarto Eko Kusumo Penyunting Naskah: Rilya Bagus Ariesta Niko Prasetyo


0 Comments: