Kader Kepanjen Bagi-Bagi Masker

Jumat pagi (15/05/2020) awan begitu cerah. Terlihat empat orang bestatus ibu-ibu berjalan di sepanjang Jalan Banurejo, Kelurahan Kepanjen, untuk membagikan 100 masker kepada masyarakat di sekitar Stasiun Kepanjen yang selalu ramai. Keempat ibu itu terdiri dari dua kader SMARThealth, Ketua RW 01, dan bidan desa.
Mereka menyusuri Jalan Banurejo hingga Taman Contong, terus belok ke arah Jalan Kyai Haji Agus Salim sampai dengan SMP Muhammadiyah 3 Kepanjen terus belok kanan kembali lagi ke Jalan Banurejo. Acara ini diawali dan diakhiri di depan PAUD Tunas Ceria Banurejo.


Tak hanya sekadar membagikan saja, dengan bantuan bidan Ponkesdes Panji Husada juga dilakukan edukasi terhadap penerima masker perihal Coronavirus Disease 2019 (COVID-19). Masker bukan hanya dipandang sebagai kain penutup mulut dan hidung (seperti yang dipakai oleh dokter dan perawat di rumah sakit) saja, akan tetapi yang terpenting dari itu adalah bagaimana masker itu berdaya guna mengeliminir penyebaran virus corona kepada orang lain.


Kegiatan ini juga sempat diapresiasi oleh polisi yang mobilnya kebetulan melintas di sepanjang jalan tersebut. Polisi tersebut mendekat dan memberikan acungan jempol kepada kader Agustin Shintowati dan Indri Astutik.


Semula idenya berasal dari obrolan saja antara kader dengan Ketua RW 01 dan bidan Ponkesdes. Setelah dikomunikasikan secara intensif, obrolan itu mendapat dukungan dari Ketua RW 01 dan bidan Ponkesdes. Lalu terjadilah kolaborasi kegiatan tersebut. Dalam hal ini, Ketua RW 01 juga turut andil memberikan bantuan masker hasil jahitan sendiri sebanyak 40 buah. Sedangkan yang 60 buah lagi merupakan jahitan dari kader yang dananya diambilkan dari uang hasil pemeriksaan pasien high risk di Posbindu RW 01 secara rutin.


Diakui oleh kader, kegiatan ini memang sederhana. Hanya perlu berkeliling membagikannya. Tapi yang terpenting dari kegiatan ini adalah “indahnya berbagi”. Uang pengganti alat habis pakai itu setiap kali periksa, ternyata bisa memberikan manfaat kepada orang lain.
Seperti dua sisi mata uang, COVID-19 selain memberikan keterpurukan di sana-sini tapi juga melahirkan kepekaan sosial di mana-mana. Tak kecuali apa yang telah dilakukan oleh kader Kepanjen tersebut. Jangan dipandang wujud maskernya yang kecil, melainkan peduli sesama itu merupakan hal yang utama. *** [150520]


Penulis : Budiarto Eko Kusumo Penyunting Naskah: Rilya Bagus Ariesta Niko Prasetyo


0 Comments: