Kunjungan Tim Kualitas Obat CVD ke Puskesmas Pakisaji

Tim Kualitas Obat CVD melakukan kunjungan keempatnya ke Puskesmas Pakisaji pada hari Senin (08/06/2020), yang beralamatkan di Jalan Raya Pakisaji No. 19 Dusun Jatirejo, Desa Pakisaji, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur.
Dalam kunjungan itu, Tim Kualitas Obat (Sub-Standard Medicines CVD) yang diwakili oleh Koordinator Lapangan (Korlap) Kualitas Obat Komang Tri Aksari Dewi, S. Farm, M. Farm, tidak datang sendiri. Dia didampingi oleh Program Coordinator SMARThealth.
Jika merujuk pada agenda Tim Kualitas Obat, kunjungan ke Puskesmas Pakisaji masih sama dengan kunjungan-kunjungan ke Puskesmas sebelumnya, yaitu menyerahkan surat izin penelitian dan sekaligus perkenalan dengan Kepala UPTD Puskesmas (Kapus).

Audiensi dengan Kepala UPTD Puskesmas Pakisaji

Kunjungan ke Pakisaji ini, Tim Kualitas Obat diterima langsung oleh Kepala UPTD Puskesmas Pakisaji dr. Nur Syamsu Dhuha di ruang kerjanya. Tim Kualitas Obat kemudian memperkenalkan diri terlebih dahulu dan mengutarakan maksud dan tujuan menjumpai Kapus.
Di situ, Tim Kualitas Obat diterima dengan hangat dan diajak berdiskusi perihal penelitian tersebut. Pada dasarnya, Kapus Pakisaji mengizinkan penelitian tersebut diselenggarakan. Kebetulan Kapus Pakisaji tergolong baru dan menggantikan Kapus sebelumnya.
Sebagai alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FKUB), dr. Nur Syamsu Dhuha menyadari pentingnya sebuah penelitian. Sehingga beliau dengan cepat bisa memahaminya.

Dialog dengan Apoteker Puskesmas Pakisaji di Ruang Farmasi

Setelah itu, Tim Kualitas Obat diajak ke lantai satu untuk berjumpa dengan Bagian Farmasi yang ada di Puskesmas Pakisaji. Di ruangan itu, Kapus sempat menemani sebentar kemudian menyerahkan segala sesuatunya kepada Bagian Farmasi tersebut apa nantinya yang diperlukan dalam pengumpulan data.
Ditemui oleh apotekernya yang bernama Dea Fendy Kharisma, S.Farm di ruangan Farmasi, Tim Kualitas Obat setelah menjelaskan penelitian ini kemudian menanyakan beberapa hal yang berkenaan dengan studi tersebut. Selain itu, di ruangan itu juga bertemu dengan Asisten Apoteker dan petugas bagian Gudang Obat Puskesmas Pakisaji.
Di Puskesmas Pakisaji, apoteker bertugas mengurusi layanan kefarmasian terkait pasien rawat jalan maupun rawat inap serta apotek. Sedangkan, bagian Gudang Obat berperan merencanakan kebutuhan obat yang diperlukan untuk penggunaan di Puskesmas dan Ponkesdes yang ada di wilayah Puskesmas Pakisaji.
Di Puskesmas Pakisaji, urusan kefarmasian telah ada pembagian tugas yang jelas antara apoteker dan perencanaan obat. Selain itu, di Puskesmas Pakisaji ini memiliki 3 ruangan untuk kefarmasian, terluas di antara Puskesmas lainnya yang menjadi wilayah penelitian Kualitas Obat.
Setelah berdialog dengan Bagian Kefarmasian, Tim Kualitas Obat berpamitan untuk meneruskan langkah mengunjungi Puskesmas Kepanjen. *** [080620]


Penulis : Budiarto Eko Kusumo Penyunting Naskah: Rilya Bagus Ariesta Niko Prasetyo


0 Comments: