Jalan Sehat Dalam Rangka GERMAS dan HUT Bhayangkara ke-73

Menindaklanjuti Surat dari Bupati Malang Nomor: 440/4953/35.07.032/2019 tanggal 3 Juli 2019 tentang Pelibatan secara aktif dunia usaha dalam GERMAS, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Malang berperan aktif dalam kegiatannya adalah Deteksi Dini Penyakit Jantung melalui Aplikasi SMARThealth dan Konseling PTM.
Mengingat pentingnya kegiatan tersebut, Dinkes menyurati Kepala UPT Puskesmas Kepanjen dan UPT Puskesmas Gondanglegi untuk menugaskan 2 orang staf (satu orang Pemegang Program PTM dan satu orang Perawat Puskesmas) beserta 2 Kader SMARThealth untuk bertugas di Stadion Kanjuruhan yang beralamat di Jalan Trunojoyo, Desa Kedung Pedaringan, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang, pada hari Ahad, 7 Juli 2019 mulai pukul 05.30 WIB hingga selesai.


Kegiatan tersebut merupakan kegiatan jalan sehat dalam rangka percepat perwujudan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) sekaligus menyemarakan Hari Bhayangkara ke-73, yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang yang diikuti sekitar 8.000 orang peserta.
Hadir dalam kegiatan tersebut, Pelaksanatugas (Plt) Bupati Malang Drs. H.M. Sanusi, MM, Sekda Kabupaten Malang Ir. Didik Budi Muljono, MT, Kapolres Malang AKBP Yade Setyawan Ujung, Dandim 0818/Malang Letkol Inf Fery Munawad, Kajari Malang Abdul Kohar, Ketua MUI Malang K.H. Misno Fadhol Hija, Direktur RSUB Dr. dr. Sri Andarini, M.Kes, Team Leader SMARThealth Sujarwoto, S.IP, M.Si, MAP, Ph.D, dan para Kepala OKP Kabupaten Malang.


Diawali dengan sambutan Kapolres Malang dan diteruskan dengan sambutan Plt Bupati Malang, acara dilanjutkan dengan deklarasi Mari Bersatu Bangun Indonesia yang dipimpin oleh Plt Bupati Malang Drs H.M. Sanusi, MM yang diikuti oleh seluruh peserta gerak jalan, dan dilanjutkan dengan pemberangkatan gerak jalan menempuh sekitar 5 Km. Usai memasuki finish di Stadion Kanjuruhan peserta bisa menikmati hidangan dan hiburan sambil menunggu doorprize.
Di tengah penantian doorprize inilah, sebagian peserta jalan sehat menyempatkan diri untuk periksa di stand layanan Dinkes yang berada di selatan panggung utama perhelatan ini secara gratis. Umumnya peserta jalan sehat ini berasal dari OKP yang ada di Kabupaten Malang. Namun di tengah pemeriksaan tersebut tampak hadir pula mantan Dekan FKUB yang kini menjabat Direktur RSUB dan tenaga pengajar Program Pendidikan Dokter Spesialis Ilmu Kesehatan Mata FKUB Dr. dr. Seskoati Prayitnaningsih, Sp.M(K) yang tertarik dengan pola kerja SMARThealth. Sehingga pada gelaran kali ini Pemkab Malang melalui Dinkes mempromosikan Program SMARThealth secara lebih luas. *** [070719]



0 Comments: