Kunjungan Tim Kualitas Obat CVD ke Puskesmas Wagir

Didampingi Program Coordinator SMARThealth, Koordinator Lapangan (Korlap) Kualitas Obat CVD melakukan kunjungan ke Puskesmas Wagir pada hari Selasa (02/06/2020). Kunjungan itu diterima oleh Kepala Puskesmas (Kapus) Wagir drg. Prima Puspito Rini di ruang kerjanya.
Mengawali pembukaan kata, Program Coordinator SMARThealth pertama-tama menyampaikan ucapan Selamat Idul Fitri dan mohon maaf lahir dan batin di suasana yang masih lebaran ini. Kemudian memperkenalkan Komang Tri Aksari Dewi, S. Farm., M. Farm selaku Korlap Kualitas Obat CVD.
Setelah perkenalan, Sari (nama panggilan Korlap Kualitas Obat CVD) menyerahkan surat ijin penelitian yang dikeluarkan oleh Kesbangpol dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Malang, dan diteruskan dengan pemaparan ringkas perihal skema penelitian kualitas obat yang akan dilakukan.

Koordinator Kualitas Obat menjelaskan skema penelitian kualitas obat

Sebagai bagian dari SMARThealth, Tim Kualitas Obat (Sub-Standard Medicines CVD) ini akan mempelajari kualitas obat-obatan CVD yang beredar dan dikonsumsi oleh pasien dan juga mendalami sistem pengadaan dan distribusi obat-obatan CVD sehingga sampai ke tangan pasien. Hasil studi kualitas mutu ini kemudian akan dihubungkan dengan faktor risiko pasar yang terdapat di setiap jalur pengadaan.
Dalam kunjungan itu, Program Coordinator SMARThealth juga memperkenalkan Korlap Kualitas Obat kepada bagian Farmasi Puskesmas Wagir, Ottik. Tujuannya agar supaya nanti dalam pengumpulan data, mereka bisa berkomunikasi dua arah.
Usai menyampaikan maksud kedatangan Tim Kualitas Obat, kami menuju ke ruang bagian Farmasi Puskesmas Wagir sebentar. Di situ, Ottik menjelaskan sebentar keberadaan bagian Farmasi tersebut dengan didampingi Kapus Wagir.
Kunjungan yang berdurasi kurang dari 1 jam itu, diakhiri dengan berpamitan kepada Kapus dan bagian Farmasi Puskesmas Wagir. Setelah itu, kami menuju ke tempat parkir kendaraan masing-masing. Korlap Kualitas Obat menuju di muka halaman Puskesmas untuk masuk ke dalam mobil Honda HRV warna putih, dan Program Coordinator SMARThealth menuju ke samping Puskesmas untuk mengambil motor Honda Beat warna hitam yang diparkir di sana.
Dalam kunjungan itu memang kami sengaja menggunakan kendaraan masing-masing. Hal ini dalam rangka menyukseskan salah satu program pemerintah dalam menangani Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) dengan tidak berboncengan dulu. Istilah kerennya Social Distancing atau Physical Distancing. *** [020620]


Penulis : Budiarto Eko Kusumo Penyunting Naskah: Rilya Bagus Ariesta Niko Prasetyo


1 komentar: