Langkah Awal Pelaksanaan Studi Kualitas Obat

Setelah introduction meeting (23/09/2019), dilakukan pertemuan kedua antara perwakilan Elizabeth Pisani, Tim SMARThealth, dan Farmasi Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FKUB) di Ruang Pertemuan Jurusan Farmasi FKUB pada 11 Oktober 2019.
Hadir dalam pertemuan itu adalah, dari perwakilan Elizabet Pisani hadir Komang Tri Aksari Dewi, S.Farm, dari Tim SMARThealth hadir Sujarwoto, S.IP, M.Si, MAP, Ph.D dan Budiarto Eko Kusumo, S.Sos., dari Farmasi FKUB hadir Dra. Diana Lyrawati, M.Kes., Ph.D, Bachtiar Rifai Pratita Ihsan, S.Farm, M.Farm.Klin., Apt., dan Ayuk Lawuningtyas Hariadini, S.Farm, M.Farm., Apt.


Pada waktu introduction meeting, Elizabeth Pisani sempat hadir dengan didampingi oleh dua orang dari Indonesia yang bakal terlibat dalam Studi Kualitas Obat. Pisani adalah epidemiologist yang menetap di Inggris yang diberi tugas untuk memimpin sebuah Sub-standard medicines of CVD (Studi Kualitas Obat) dari The George Institute for Global Health.


Studi Kualitas Obat ini sebenarnya merupakan bagian studi pendampingan dari Scale-up of primary care intervention for cardiovascular risk management in Malang, Indonesia, atau kelanjutan dari SMARThealth Extend dan SIMPLI.  Ide dasarnya ingin melakukan penelitian terhadap kualitas obat yang selama ini dikonsumsi oleh pasien risiko tinggi terhadap penyakit kardiovaskular (CVD).
Pertemuan yang kedua ini lebih menyorot kepada persiapan implementasi studi tersebut. Sehingga, pembicaraan dalam pertemuan yang dipandu oleh Sujarwoto, S.IP, M.Si, MAP, Ph.D itu fokus kepada bagaimana mengawali penelitian tersebut, seperti proposal, ethical clearance, protocol, informed consent, ijin penelitian, dan guideline FGD. Frameworknya harus clear.
Pertemuan yang diawali pada pukul 08.30 WIB ini, berakhir pada pukul 09.59 WB dengan beberapa notulensi seperti pembuatan proposal, uba rampe untuk mengurus ethical clearance, dan sebagainya. Kemudian setelah siap segala sesuatunya akan dijadwalkan untuk pertemuan berikutnya. *** [111019]


0 Comments: