Pilot Test Aplikasi DCE di Gedung Posyandu Mandiri MAWAR 1 Kepanjen

Hari Selasa (12/08/2020) pada pukul 13.30 bertempat di Gedung Posyandu Mandiri MAWAR 1 Kepanjen, Kabupaten Malang, dilaksanakan pilot test aplikasi Discrete Choice Experiment (DCE) pertama dalam DCE Sub-Study. Pilot test dilakukan untuk melihat berjalan dengan baik atau tidaknya aplikasi yang memuat instrumen pertanyaan untuk mempelajari preferensi kader dalam tugas kekaderannya.


Koordinator DCE Sub-Study sedang menjelaskan materi kepada kader

Pilot test aplikasi ini sebagai jenis pengujian perangkat lunak yang memverifikasi komponen sistem atau keseluruhan sistem dalam kondisi operasi waktu nyata. Tujuan pilot test aplikasi DCE adalah untuk mengevaluasi kelayakan aplikasi sebelum benar-benar digunakan dalam main DCE Sub-Study.
Pilot test yang berlangsung sekitar 40 menit itu dihadiri oleh 14 kader SMARThealth yang ada di Kelurahan Kepanjen, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Uji coba aplikasi ini dipandu oleh dr. Nuretha Hevy Purwaningtyas, M.Sc(FM)., Sp.D.L.P yang didampingi oleh Koordinator Program SMARThealth.


Foto bersama Kader dengan Koordinator DCE Sub-Study

Dalam pelaksanaan pilot test ini, permasalahan penggunaan tablet oleh kader tidak menemui kendala yang berarti. Hal ini dikarenakan kader yang melakukan pilot test tersebut merupakan kader SMARThealth yang sudah familiar dengan penggunaan tablet. Namun demikian, menyentuh instrumen materi pertanyaan yang ada di dalam tablet tersebut, ditemui beberapa kader yang masih mengalami kebingungan.
Kebingungan ini tidak berlangsung lama karena pemandu uji coba aplikasi mendekati dan kemudian menjelaskan hakikat pertanyaan tersebut. Setelah selesai pengisian pertanyaan di dalam tablet, semua tablet dikumpulkan kembali kepada pemandu. Kemudian sebelum mengakhiri uji coba, pemandu menyempatkan diri membuka dialog dengan para kader tersebut.
Usai dialog, acara pilot test aplikasi DCE itu ditutup dan dilanjutkan dengan foto bersama di luar gedung posyandu tersebut dengan berlatar belakang sawah yang ada di samping gedung tersebut. *** [120820]



Penulis : Budiarto Eko Kusumo Penyunting Naskah: Budiarto Eko Kusumo

0 Comments: