Grand Launching GERMAS Kabupaten Malang

Grand Launching Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) Kabupaten Malang dipusatkan di Taman Wisata Sengkaling, Desa Mulyoagung, Kecamatan Dau, pada hari Selasa, 31 Oktober 2017. Peluncuran gerakan itu dilakukan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Malang Ir. Didik Budi Muljono, MT yang mewakili Bupati Malang Dr. H. Rendra Kresna.
GERMAS sebagai program kesehatan diluncurkan dalam upaya penguatan pembangunan kesehatan dengan melibatkan seluruh komponen bangsa dalam memasyarakatkan paradigma sehat. GERMAS bertujuan untuk menurunkan beban penyakit, menghindari terjadinya penurunan produktivitas penduduk, dan menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan.


Diawali dengan senam pagi bersama, Taman Sengkaling berubah menjadi riuh semarak. Acara launching tersebut dihadiri dari 39 Puskesmas, siswa-siswa dan guru Sekolah Dasar di Kecamatan Dau serta warga sekitar. Selain itu di sekeliling panggung, ramai diisi oleh aneka stand produk unggulan dari sejumlah institusi yang ada di Kabupaten Malang serta pihak swasta yang turut memeriahkannya.


Dalam acara ini Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Malang menampilkan Posbindu PTM yang digawangi oleh Puskesmas Gondanglegi beserta Kader SMARThealth Desa Sepanjang, Kecamatan Gondanglegi. Di stand tersebut Posbindu PTM memberikan layanan pemeriksaan skrining gratis dan bisa konsultasi kepada dokter yang ada di stand tersebut.
Selaras dengan GERMAS, program SMARThealth juga memberikan edukasi kepada masyarakat utamanya dalam pola hidup sehat, dan pemeriksaan secara rutin kepada petugas kesehatan di wilayahnya masing-masing.
Usai senam bersama, rangkaian acara masih cukup banyak yang diadakan di panggung peluncuran gerakan tersebut. Acara tersebut ditutup dengan pengumuman lomba busana terunik dari buah-buahan dan sayuran, dan Puskesmas Bululawang dinyatakan sebagai pemenang lomba busana tersebut. *** [311017]



0 Comments: