Tim Penelitian SMARThealth

Dalam menjalankan program SMARThealth ini, terdapat struktur organisasi yang terdiri dari personil yang memiliki tugas dan peran masing-masing dalam menyukseskan program tersebut. Personil tersebut tergabung dalam sebuah struktur yang bernama Tim Penelitian SMARThealth Extend Indoneisa.

Lazimnya sebuah organisasi penelitian, organisasi ini terdiri dari peneliti utama (principal investigator), peneliti pendamping (co-principal investigator), anggota peneliti, surveyor (petugas pengumpulan data), dan sekretariat. Karena program SMARThealth ini merupakan sebuah penelitian besar (large survey) maka dalam struktur itu ditambah dengan steering committee (SC).

Steering committee adalah komite atau panitia pengarah yang terdiri dari sekelompok orang yang memiliki kredibilitas tertentu yang ditunjuk dan diangkat berdasarkan keputusan dan mempunyai tugas memberikan pengarahan tentang konsep/pola/bentuk penyelenggaraan penelitian ini (detil personil, klik di sini).

Investigator adalah seorang ilmuwan (scientist) yang mengabdikan dirinya untuk melakukan penelitian. Ada investigator yang terlibat sangat aktif dalam penelitian ini. Mereka dikenal dengan principal investigator (peneliti utama) dan co-principal investigator (peneliti pendamping). Mereka inilah yang juga terlibat aktif dalam diskusi dengan steering committee dan sekretariat (detil personil klik di sini).

Sedangkan, sekretariat adalah satuan organisasi atau lembaga yang melaksanakan jasa-jasa perkantoran dalam bidang ketatausahaan dan sekaligus menghandle program SMARThelath di lapangan (detil personil klik di sini). *** [150616]

0 Comments: