Kunjungan Tim Kualitas Obat CVD ke Puskesmas Pamotan

Agenda Sekretariat SMARThealth hari Jumat (050620) ini adalah mendampingi Tim Kualitas Obat CVD berkunjung ke Puskesmas Pamotan yang berada di Jalan Ahmad Yani No. 68 Dusun Krajan RT. 01 RW. 01 Desa Pamotan, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur.
Kunjungan Tim Kualitas Obat CVD yang diwakili oleh Koordinator Lapangan (Korlap) Komang Tri Aksari Dewi, S.Farm, M. Farm bertujuan untuk melakukan perkenalan dan menyampaikan surat izin penelitian tentang Kualitas Obat CVD di Delapan Desa di Kabupaten Malang. Surat izin itu dari Kesbangpol dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Malang.

Puskemas Pamotan Tampak Depan

Penelitian ini ingin mempelajari kualitas obat-obatan CVD yang beredar dan dikonsumsi oleh pasien dan juga mendalami sistem pengadaan dan distribusi obat-obatan CVD sehingga sampai ke tangan pasien.
Berhubung Kepala UPTD Puskesmas Pamotan sedang tidak berada di tempat,  kunjungan ini diterima oleh Kepala Tata Usaha (TU) Geger Imam Wahyudi di ruang tamu lantai atas Puskesmas Pamotan.

Ruang Farmasi Puskesmas Pamotan

Diawali dengan memperkenalkan diri, Program Coordinator SMARThelth kemudian memperkenalkan Korlap Kualitas Obat CVD. Dalam perkenalan itu terjadi dialog yang hangat antara Puskesmas Pamotan dan Tim Kualitas Obat CVD. Kebetulan Kepala TU bermukim di Desa Majangtengah dan pernah dikunjungi oleh Enumerator SMARThealth.
Dalam kesempatan itu, Kepala TU juga menjelaskan lingkup kerja desa yang berada di bawah wewenang Puskesmas Pamotan, yaitu Desa Pamotan, Desa Majangtengah, Desa Rembun, Desa Pojok, Desa Jambangan, dan Desa Sumbersuko. Kesemua desa ini berada di wilayah administratif Kecamatan Dampit. Kebetulan di Kecamatan Dampit ini ada dua Puskesmas, yaitu Puskesmas Dampit dan Puskesmas Pamotan.

Kepala TU Puskesmas Pamotan dan Korlap Kualitas Obat CVD

Setelah itu, Imam – nama panggilan Kepala TU - mengantar Tim Kualitas Obat menuju ke Ruang Farmasi Puskesmas Pamotan untuk menjumpai apotekernya yang bernama Chrisma Desi Andriati, S. Farm. Di ruangan ini, Korlap Kualitas Obat mengobrol dengan apoteker beberapa saat.
Setelah dirasa cukup dalam kunjungan awal Tim Kualitas Obat ini, kami pun berpamitan guna undur diri untuk melanjutkan kunjungan ke Puskesmas Gondanglegi. Korlap Kualitas Obat menyeberang jalan raya di depan Puskesmas Pamotan untuk masuk ke dalam mobil Honda HRV warna putih, sedangkan Program Coordinator SMARThealth menuju areal parkir motor Puskesmas Pamotan untuk mengambil motor Honda Beat warna hitam.
Dua orang satu tujuan dengan dua kendaraan adalah wujud implementasi dari social distancing atau physical distancing yang dijalankan oleh Tim Kualitas Obat dalam kunjungan di tengah mewabahnya Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) ini.  *** [050620]


Penulis : Budiarto Eko Kusumo Penyunting Naskah: Rilya Bagus Ariesta Niko Prasetyo


1 komentar: