Sekretariat SMARThealth Pasang IndiHome

Sekretariat SMARThealth (Sekret) yang menjadi kantor untuk mengelola program SMARThealth, pada hari Kamis, 1 Desember 2016 mengajukan permohonan pemasangan layanan triple play ke Kantor Telkom Indonesia Cabang Kepanjen, Kabupaten Malang. Sebelumnya, Sekret hanya menggunakan modem Wifi Smartfrend saja.
Layanan triple play merupakan salah satu layanan IndiHome yang terdiri dari Internet Rumah (Fixed Broadband Internet), Telepon Rumah (Fixed Phone) dan TV Interaktif (Usee TV). Sedangkan, IndiHome sendiri merupakan layanan digital terdepan dari Telkom Indonesia dengan menggunakan teknologi fiber optik.


Kebutuhan akan internet memang diperlukan oleh Sekret untuk mengirim atau menerima email, skype, dan keperluan akan informasi yang lainnya. Internet ini yang menjembatani komunikasi dengan Steering Committee dan peneliti SMARThealth yang ada di Manchester, Senior Research Fellow the George Institute for Global Health di India, peneliti SMARThealth di Universitas Brawijaya (UB), dan Sekret di Kepanjen.
Perlunya kebutuhan akan internet itulah, kemudian  Sekret berinisiatif memasang internet lewat layanan IndiHome. Pagi mendaftarkan di Telkom Kepanjen dengan mengisi formulir dan membayar uang adminstrasi, sorenya jaringan kabel mulainya dipasang di Sekret. Mereka mengambil jaringan IKR-G (Instalasi Kabel Rumah-Gedung) dari arah barat yang berjarak sekitar 500 meter.
Esok harinya, kabel-kabel itu baru terkonek dengan piranti ZTE yang berfungsi sebagai modem untuk memancarkan wifi, dan juga dikonekkan dengan TV yang ada di Sekret. Dengan terpasangkanya itu semua, maka Sekret sudah berinternet semenjak itu. *** [011216]

0 Comments: