Pelatihan Tenaga Kesehatan Kepanjen dalam Program SMARThealth yang Berkelanjutan

Pelatihan Tenaga Kesehatan untuk Kelurahan Kepanjen diadakan pada Kamis, 31 Januari 2019 bertempat di ruang pertemuan Puskesmas Kepanjen. Pelatihan ini utamanya ditujukan kepada tenaga kesehatan yang ada di Ponkesdes Kepanjen, namun demikian dalam pelatihan itu hadir pula tenaga kesehatan dari Kelurahan Cepokomulyo dan Desa Dilem, dokter umum Puskesmas Kepanjen, Kepala Puskesmas Kepanjen, staf P2PTM Dinkes Kab. Malang, peneliti utama SMARThealth serta personil dari sekretariat SMARThealth. Adapun pemateri dalam pelatihan ini diampu oleh Sri Lesmono Hadi, Kepala TU Puskesmas Kepanjen.


Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk mengintegrasikan layanan SIMKESMAS dengan pasien high risk SMARThealth sehingga kebutuhan akan obat untuk high risk tersebut dengan sendirinya bisa masuk ke dalam SIMKESMAS. Hal ini akan membantu dalam perencanaan menyediakan obat ke depannya terhadap pasien high risk yang umumnya jarang berobat ke Puskesmas Kepanjen.
Dalam pelatihan ini dari pihak SMARThealth memberikan bantuan dua buah laptop untuk digunakan oleh perawat dan bidan yang bertugas di Kelurahan Kepanjen untuk menginput pasien yang berasal dari Kelurahan Kepanjen khususnya yang high risk kedalam aplikasi SIMKESMAS yang dimiliki oleh Puskesmas Kepanjen.
Penyerahan dilakukan oleh Sujarwoto, Ph.D kepada Kepala Puskesmas Kepanjen, dan diteruskan penyerahan kepada perawat Nurul Mashfiyah dan bidan Yudha Purwaningdyah Sarihandini. Keduanya merupakan tenaga kesehatan yang bertugas di Ponkesdes Kepanjen.
Setelah dua laptop diserahkan, mereka pun langsung latihan sesuai yang dimaterikan oleh Sri Lesmono Hadi. Di sela-sela pelatihan ini, acapkali peneliti SMARThealth mengajukan sejumlah pertanyaan kepada pemateri maupun pihak Puskesmas Kepanjen. Hal ini dilakukan agar supaya sistem kesehatan yang dibangun bisa lebih optimal.
Setelah pelatihan selesai, diharapkan Program SMARThealth yang berkelanjutan ini bisa terintegrasi dengan layanan kesehatan dalam SIMKESMAS. *** [310119


0 Comments: