Instal 400 Tablet Milik Dinkes Kabupaten Malang

Ketika merencanakan pengadaan Samsung Galaxy Tab with S Pen 32GB LTE untuk melaksanakan replikasi program SMARThealth, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (Kabid P2P) Lulus Condro Trikoratno, S.Kep.Ns., M.Si sempat memberitahukan ke Tim SMARThealth agar supaya nanti setelah barangnya sampai di Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Malang dibantu untuk menginstal aplikasi ke dalam 400 unit tablet tersebut.
Pada saat itu, Bidang P2P khususnya bagian Penyakit Tidak Menular (PTM) telah mengajukan rencana pengadaan tablet kepada Pejabat Pengadaan. Sesuai dengan Pasal 1 dalam Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2018 Tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, pengadaan barang/jasa pemerintah yang selanjutnya disebut pengadaan barang/jasa adalah kegiatan pengadaan barang/jasa oleh Kementerian/Lembaga/Perangkat Daerah yang dibiayai oleh APBN/APBD yang prosesnya sejak identifikasi kebutuhan sampai dengan serah terima hasil pekerjaan. Sedangkan, pejabat pengadaan adalah pejabat administrasi/pejabat fungsional/personel yang bertugas melaksanakan pengadaan langsung, penunjukan langsung, dan/atau e-purchasing.


Setelah perencanaan pengadaan Tablet Samsung dibuat dan disetujui oleh Kabid P2P kemudian diserahkan kepada pejabat pengadaan. Kemudian pejabat pengadaan membuat kontrak dengan distributor atau perusahaan pengadaan barang tersebut melalui e-Katalog atau tidak. Hal ini tergantung spesifikasi barang yang diusulkannya. Untuk pengadaan Samsung Galaxy Tab with S Pen 32GB LTE ini kebetulan melalui e-Katalog.
Setelah itu, lembar kontraknya diserahkan kepada Tim Penerima yang ada di lingkungan Dinkes Kabupaten Malang. Ada tiga orang yang mendapat mandat sebagai Tim Penerima, yaitu Lissa, Puji, dan Sapta. Dari ketiga orang tersebut sebenarnya sudah dibagi tugasnya, seperti Lissa untuk penerimaan barang dari pengadaan barang dari Bidang Sumberdaya Kesehatan (SDK), Puji untuk penerimaan barang dari pengadaan barang dari Bidang Pencegahaan dan Pengendalian Penyakit (P2P), dan Sapta untuk penerimaan barang dari pengadaan barang dari Bidang Kesehatan Masyarakat (Kesmas).


Berhubung kala itu yang ada personel Tim Penerimanya adalah Lissa, maka untuk penandatangan penerimaan Samsung Galaxy Tab with S Pen 32GB LTE diberikan kepada Lissa. Tim Penerima sebelum menandatangani penerimaan dari vendor yang dalam hal ini adalah PT Turbo Mitra Perkasa, akan mengeceknya berdasarkan lembar kontraknya. Apakah sudah sesuai jumlah barangnya maupun spesifikasinya seperti yang tertuang dalam lembar kontraknya tersebut atau tidak. Bila sudah sesuai maka Tim Penerima akan menandatangani penerimaan barang tersebut.
Dari Tim Penerima inilah barang yang dipesan akan diberikan kepada Bidang P2P Dinkes Kabupaten Malang selaku user. Namun sebelum diserahterimakan ke Bidang P2P, tablet tersebut harus diinstal aplikasi SMARThealth terlebih dahulu.
Pada hari Rabu, 23 Oktober 2019 pesanan Samsung Galaxy Tab with S Pen 32GB LTE tiba di Dinkes Kabupaten Malang. Sehari sebelumnya sub bagian Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan (Evapor) memberi tahu perihal ini kepada Tim SMARThealth. Oleh karena pada hari tibanya tablet tersebut, Tim SMARThealth juga turut menyaksikannya.


Ada 2 mobil yang mengangkut tablet tersebut yang terdiri dari 40 koli (box). Satu kolinya berisi 10 tablet. Dua mobil tersebut berangkat dari dua kota yang berbeda. Satunya dari Surabaya, dan yang satunya dari Kediri. Hal ini mungkin disebabkan oleh masalah pemenuhan kuota pemesanannya. Stock barang yang yang di Surabaya kebetulan tidak mencukupi maka mereka pun mengambil atau meminjam stock opname yang ada di Kediri.
Yang mengantar dan mengangkut barang ada 4 orang pria. Keempat orang inilah kemudian diajari oleh Tim SMARThealth bagaimana cara menginstal aplikasi SMARThealth ke dalam tablet yang baru tersebut. Mereka merampungkan instalan tersebut hingga menjelang maghrib di belakang gedung SDK atau di depan ruangan Komisi Penanggulangan AID/HIV  yang berada di lingkungan Dinkes Kabupaten Malang.
Keesokan harinya barulah 400 tablet tersebut diberikan kepada user yang dalam hal ini adalah Bidang P2P Dinkes Kabupaten Malang. Sehingga persiapan replikasi program SMARThealth dari pengadaan tablet sudah siap. Tinggal menunggu persiapan pengadaan dari bidang lain yang berada di lingkungan Dinkes Kabupaten Malang untuk kebutuhan yang lain dalam replikasi program SMARThealth. Hal ini tentunya disesuaikan dengan jadwal anggarannya masing-masing yang ada di masing-masing bidang tersebut. *** [231019]

0 Comments: