Rapat Kerja Kesehatan Kabupaten Malang Tahun 2019

Dinas Kesehatan Kabupaten Malang menyelenggarakan Rapat Kerja Kesehatan (Rakerkes) Tahun 2019 bertempat di Hotel Amarta Hills Batu pada tanggal 2 sampai 3 Mei 2019.
Rapat kerja ini sebagai kelanjutan rapat kerja kesehatan nasional dan rapat koordinasi kesehatan daerah Provinsi Jawa Timur tahun 2019 dengan mengusung tema “Upaya Intensif Percepatan Penurunan Stunting, Angka Kematian Ibu (AKI), Angka Kematian Neonatal (AKN), Angka Kematian Bayi (AKB) serta Pelayanan Kesehatan Semesta dengan Penguatan Kolaborasi dan Gerakan Masyarakat.”
Menurut Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Malang dr. R.A. Ratih Maharani, MMRS, harapan utama dari Rakerkes ini adalah terwujudnya kolaborasi Dinkes, Puskesmas, UPT serta pihak yang diundang dalam rapat kerja ini untuk berkomitmen dalam membangun kesehatan di Kabupaten Malang.


Komitmen tersebut diperlukan dalam rangka penguatan pelayanan kesehatan menuju cakupan kesehatan semesta, percepatan penurunan stunting, peningkatan cakupan dan untuk imunisasi, percepatan eliminasi tuberculosis, percepatan penurunan AKI, AKN, AKB serta penguatan pencegahan dan pengendalian penyakit tidak menular.
Komitmen tersebut tentunya akan berbeda perwujudannya. Hal ini tergantung dari organisasi mitra yang selama ini telah menjalin kerjasama atau kemitraan dengan Dinkes. USAID Jalin Jatim misalnya, kemitraannya akan fokus pada upaya mempercepat upaya untuk menurunkan angka kematian ibu dan bayi di Kabupaten Malang. Sedangkan untuk SMARThealth, kegiatannya lebih kepada tata kelola meminimalisir masyarakat yang berisiko terkena penyakit kardiovaskular yang menjadi bagian fenomena penyakit tidak menular di Kabupaten Malang.


Kegiatan rapat ini dilaksanakan selama dua hari di mana pada hari pertama dikhususkan untuk seluruh pejabat struktural Dinkes, Kepala UPT Puskesmas, UPT Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda), UPT Kalibrasi, dan Kepala Tata Usaha. Sedangkan pada hari kedua, selain peserta hari pertama juga terdapat tamu undangan sekitar 270 orang yang terdiri dari lintas sektor organisasi perangkat daerah (OPD) yang terkait, organisasi mitra dan profesi kesehatan, LSM, lembaga pelayanan kesehatan serta pendidikan kesehatan.
Dalam rapat kerja ini, Dinkes juga mengundang narasumber dari Dinkes Provinsi Jawa Timur karena rangkaian kegiatan yang dilaksanakan dengan cara paparan materi kebijakan program dan rumusan alternatif solusi lewat program dan kegiatan uji melalui diskusi.
Di hari kedua ini, Wakil Bupati Drs, H.M. Sanusi, MM memberikan sambutan. Sanusi menyatakan perlu adanya kerja lintas sektoral dalam meningkatkan derajat kesehatan, utamanya ibu dan bayi. Lewat komitmen bersama ini, diharapkan ada kerja sinergis antar berbagai elemen yang ada di Kabupaten Malang.
Selain itu, Sanusi berharap Rakerkes ini mampu menghasilkan rekomendasi, inovasi dan solusi dalam mendukung serta mengimplementasikan bidang kesehatan di Kabupaten Malang. Kenudian diakhiri dengan penandatanganan bersama antara Wakil Bupati Malang dengan stakeholder terkait dalam upaya penurunan AKI dan AKB di Kabupaten Malang. *** [030519]



0 Comments: