Kunjungan awal ke Ponkesdes Sidorahayu

Usai dari Puskesmas Wagir Atas, kedua peneliti utama SMARThealth pada hari itu juga (23/03/16) melakukan kunjungan untuk pertama kalinya ke Pondok Kesehatan Desa (Ponkesdes) yang terdapat di Desa Sidorahayu, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang.
Kunjungan kedua peneliti utama tersebut masih dalam rangka rapid health service assessment sebelum program SMARThealth diimplementasikan. Kunjungan ini perlu dilakukan mensinkronkan program SMARThealth dalam tatanan layanan kesehatan atau medis yang selama ini telah berjalan di Puskesmas Wagir pada umumnya maupun Ponksedes Sidorahayu pada khususnya.
Dalam kunjungan itu, kedua peneliti utama memperkenalkan diri terlebih dahulu. Kemudian memaparkan program SMARThealth yang akan dilaksanakan di Kabupaten Malang. Salah satunya adalah di Desa Sidorahayu.
Di Ponkesdes Sidorahayu, kedua peneliti utama tersebut disambut oleh Dimas Kurniawan (perawat) dan Sartika Arimbi (bidan desa Sidorahayu). Setelah itu mereka berdiskusi untuk mengenal kegiatan yang dilakukan di Ponkesdes dan bagaimana kebiasaan pasien dalam berkunjung ke Ponkesdes.
Dari hasil kunjungan awal tersebut sedikit banyak telah memberikan gambaran kepada kedua peneliti utama SMARThealth, sehingga keduanya kelak bisa mendesign program SMARThealth yang telah disesuaikan dengan kultur yang ada di wilayah Sidorahayu, dan kedua peneliti tersebut juga menyempatkan untuk melihat (observasi) mengenai perlengkapan dan peralatan yang ada di Ponkesdes Sidorahayu.
Setelah itu, kedua peneliti berpamitan untuk kembali ke Kampus Univervistas Brawijaya (UB) Malang. *** [230516]

Foto Kunjungan ke Ponkesdes Sidorahayu

Foto bersama

Mendengarkan penjelasan dari perawat

Melihat bidan desa menginput data lansia

Papan nama setelah menjadi Ponkesdes

Papan nama sebelum menjadi Ponkesdes

Tampak muka Ponkesdes Sidorahayu

Peta Desa Sidorahayu

Ruang Praktek Ponkesdes

Jumlah Penduduk Berdasarkan Usia

Data Posyandu Lansia


0 Comments: