Peneliti SMARThealth

Dr. Asri Maharani, MMRS, Ph.D.   ǀ   Principal Investigator

Asri Maharani adalah dosen di Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya. Ia aktif mengajar sejak Desember 2008 hingga September 2012 (3 tahun 10 bulan). Kemudian ia mengambil S3 di University of Manchester UK (2012- Oktober 2015).

Sebulan setelah menyelesaikan studi S3, Asri Maharani diangkat menjadi Honorary Research Fellow di University of Manchester UK. Kurang lebih delapan bulan berjalan, ia diangkat menjadi Research Associate di universitas yang sama hingga sekarang.

Beberapa karya tulis ilmiah Asri Maharani terbit di jurnal ilmiah internasional bereputasi antara lain: Health Policy and Planning, PLoS One, Global Health Action, Journal of the American Geriatrics Society, Age and Ageing, Journal of Aging and Health, dan BMC Geriatrics.
Dalam karirnya Asri Maharni dikenal sebagai peneliti yang produktif dengan tulisan-tulisan di pelbagai jurnal internasional. Saat ini ia bekerja di Divisi Neuroscience dan Psikologi Eksperimental, Fakultas Biologi, Medicine and Health, University of Manchester UK. Asri Maharani sedang menekuni penelitian dalam hal demensia, pendengaran yang berkaitan dengan usia dan gangguan penglihatan. Publikasi terbarunya adalah Visual and hearing impairments are associated with cognitive decline in older people.

Keahliannya ini pula yang menyebabkan ia dipercaya oleh donor untuk mengimplemtasikan program SMARThealth di Indonesia bersama dengan India, dan sekaligus menjadi Principal Investigator (Peneliti Utama).
   

Sujarwoto, S.IP, M.Si, MPA, Ph.D.   ǀ   Co-Principal Investigator

Sujarwoto adalah dosen di Jurusan Adminstrasi Publik Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya. Ia mengajar mata kuliah metode penulisan karya tulis ilmiah (S1), analisa data kuantitatif dan kualitatif (S1), Statistika untuk Administrasi Publik (S1), Teori Manajemen Publik (S1), dan Research Methodology (S2 dan S3 double degree dan International Program).

Pendidikan S1 dan S2 diselesaikan di Jurusan Administrasi Publik dan Program Pascasarjana Universitas Gadjah Mada tahun 1998 dan 2001. Gelar Master of Public Adminstration (MPA) diperoleh dari Manchester Business School University of Manchester UK tahun 2006 melalui beasiswa Ford Foundation. Pendidikan S3 diselesaikan di Institute for Socail Change (ISC) University of Manchester UK di tahun 2013.

Beberapa karya tulis ilmiah Sujarwoto terbit di jurnal ilmiah internasional bereputasi antara lain: Social Science and Medicine (Q1 Schimago Journal Rank), Journal of Happiness Study (Q1 Schimago Journal Rank), Age and Aging (Q1 Schimago Journal Rank), Telecommunication Policy (Q1 Shimago Journal Rank), dan Applied Research Quality of Life (Q2 Schimago Journal Rank).

Selama karirnya Sujarwoto menerima beberapa penghargaan di tingkat nasional maupun internasional antara lain: Dosen berprestasi Universitas Brawijaya tahun 2016, PTC Young Scholar Award 2016, UNICEF Indonesia Child Poverty and Social Protection Fellowship 2013, Human Development and Capacity Association Fellowship 2012, Visiting Scholar Leadership Transformation Program Ash Centre for Democratic Governance and Innovation 2012, David Buckley SCHMi Manchester-Harvard University Fellowship 2011, Ford Foundation Scholarship Award 2007, Indonesian Education Policy Innovation Research Competition Award 2008, DIKTI Scholarship 2008, dan World Bank Indonesia Poverty Research Competition Award 2006.

Sujarwoto dikenal sebagai seorang spesialis kebijakan publik dan perubahan sosial dengan fokus pada kesehatan dan kesejahteraan penduduk. Ia bekerja pada banyak aspek kesehatan penduduk terutama kesehatan anak, kesehatan ibu, kesejahteraan keluarga, dan kesehatan orang tua dan kesejahteraan pada umumnya (well-being) di Indonesia.

Di SMARThealth ini, selain sebagai Co-Principal Investigator (Wakil Peneliti Utama) yang akan menganalisa data dari program SMARThealth ini.


Dr. Arief Alamsyah, MARS

Arief Alamsyah adalah dosen di Program Studi Manajemen Rumah Sakit Universitas Brawijaya. Pendidikan S1 diselesaikan di Universitas Brawijaya (2000), dan S2 di Universitas Indonesia (2002).

Selain menjadi staf pengajar di FKUB, Arief juga dikenal sebagai motivator handal berskala nasional. Tak jarang ia berkeliling Indonesia untuk memberikan motivasi di sejumlah lembaga yang ada.

Bergabung menjadi anggota peneliti SMARThealth sejak program SMARThealth ini digulirkan di Kab. Malang.


Dr. Nuretha Hevy Purwaningtyas, Dipl. FM

Nuretha adalah dosen di Departemen IKM-KP Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya. Ia mengajar mata kuliah Dasar-dasar Kedokteran Keluarga (S1), Behavior Change (S1), Komunikasi (S1), dan Public Health Disaster Management (S1).

Sebelum menjadi staf tenaga pengajar di FKUB, Nuretha pernah malang melintang di lingkungan non-governmental organization (NGO) yang bertugas di Papua. Ia menamatkan studi S2 di Universitas Gadjah Mada dengan tesis berjudul Pengaruh Tingkat Persepsi Terhadap Penyakit Dengan Motivasi Pasien Memeriksakan Diri Pada Perempuan Yang Terskrining Risiko Tinggi Kardiovaskular.

Bergabung menjadi anggota peneliti SMARThealth sejak program SMARThealth digulirkan, Selain itu Nuretha juga dikenal sebagai trainer pada enumerator maupun kader yang bertugas di Kab. Malang.

0 Comments: