Pelaksanaan Pengumpulan Data SMARThealth di Desa Intervensi

Setelah seluruh Tim Enumerator menuju ke wilayah pencacahan di Desa Intervensi, yaitu Desa Sidorahayu (Kec. Wagir), Desa Karangduren (Kec. Pakisaji), Kelurahan Kepanjen (Kec. Kepanjen), dan Desa Sepanjang (Kec. Gondanglegi) pada Sabtu, 13 Agustus 2016, mereka kemudian melakukan silaturahmi kepada Kepala Desa, Ketua RW, Ketua RT maupun tokoh masyarakat yang ada di daerah tersebut. Tujuannya selain memperkenalkan diri sebagai Tim yang akan bertugas di daerah itu, juga sekaligus menjelaskan tujuan adanya penelitian SMARThealth ini.
Enumerator mulai turun lapangan pada hari Senin, 15 Agustus 2018 secara serempak di empat desa intervensi tersebut, dan berakhir pada 25 Oktober 2016. Dari 25 peserta yang ikut training, ada 1 orang yang tidak bisa melanjutkan karena istrinya harus opname di rumah sakit di Yogyakarta untuk persiapan operasi tumor.
Dari penduduk berjumlah 41.398 orang di empat desa itu, total populasi orang yang berumur 40 tahun ke atas adalah 16.680 orang. Jadi, target yang harus dikunjungi dan diwawancarai di empat desa itu sebanyak 16.680 orang.
Dalam pelaksanaan pengumpulan data di lapangan (field works implementation), enumerator berhasil melakukan screening terhadap penduduk yang berumur 40 tahun ke atas sebanyak 11.839 orang dari target yang ada. Selisih yang cukup banyak itu selain ada sejumlah warga yang menolak untuk dilakukan screening oleh enumerator, juga data yang diperoleh dari masing-masing desa tersebut terlihat kurang valid setelah turun lapang. Hal ini karena data tersebut tidak pernah diupdate semenjak dilakukan sensus oleh BPS. Nama warga yang meninggal dan sudah pindah pun masih tercatat di daftar penduduk. *** [251016]


Enumerator Sidorahayu

Enumerator Sidorahayu

Supervisor Karangduren

Enumerator Karangduren

Enumerator Karangduren

Supervisor Kepanjen

Enumerator Kepanjen

Supervisor Sepanjang

Enumerator Sepanjang

Enumerator Sepanjang

Enumerator Sepanjang

Enumerator Sepanjang

Enumerator Sepanjang

Peneliti mencoba screening


0 Comments: