Pelatihan Kader Kepanjen Yang Kedua

Pelatihan kader kesehatan Kelurahan Kepanjen yang kedua diselenggarakan pada hari Senin, 7 November 2016 di Ruang Aula Pertemuan Kelurahan Kepanjen. Seperti pelatihan kader kesehatan Desa Karangduren yang kedua, pelatihan di Kepanjen ini juga mengenakan pakaian seragam yang berbeda dari pelatihan yang pertama. Kali ini, kader Kepanjen tidak menggunakan seragam PKK melainkan memakai pakaian putih dengan celana panjang warna gelap atau jeans.
Pelatihan ini dihadiri oleh 18 kader kesehatan, dengan pemateri dua orang dokter, yaitu dr. Nuretha Hevy Purwaningtyas, Dipl. FM dari Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FKUB) dan dr. Dyah Ayuning Wulan dari Kota Malang. Kedua pemateri ini mengajarkan cara menggunakan aplikasi SMARThealth yang ada di Tablet, dan sekaligus juga diterangkan masalah pengisian kartu rujukan yang akan diberikan kepada warga yang telah diskrining oleh kader nantinya.


Pengisian kartu rujukan ini dilakukan setelah warga diskrining oleh kader dengan menggunakan aplikasi SMARThealth. Kader tinggal menyalin hasil pengukuran kesehatan yang muncul di aplikasi setelah melalui serangkaian proses algoritma SMARThealth. Kalau hasilnya muncul warna merah maka pada kartu rujukan dicentang yang warna merah. Demikian pula jika hasilnya hijau atau kuning, maka kader cukup mencentang warna yang ada di kartu sesuai hasil yang muncul di aplikasi.
Setelah itu dilakukan pengisian barcode yang ada di dalam kartu rujukan tersebut dengan fasilitas scan yang terdapat di dalam aplikasi itu juga. Tujuannya agar supaya ketika warga yang sudah diskrining kader itu memeriksakan diri ke Ponkesdes atau Puskesmas, dokter tinggal melihat barcodenya (scan barcode) dengan aplikasi SMARThealth untuk dokter. Dalam aplikasi itu, dokter sudah bisa melihat hasil skrining dan pengukuran kesehatan yang dilakukan oleh kader. Dokter tinggal konfirmasi ke warga yang memeriksakan diri. Jika dokter atau tenaga kesehatan merasa perlu melakukan pengukuran kesehatan kembali ke warga tersebut, dokter tinggal mengisikan atau menggantinya ke dalam aplikasinya.
Dalam pelatihan ini, Dr. Mohan P S Kohli dari the George Institute for Global Health India tampak juga hadir menyaksikan proses pelatihan yang ada di Kepanjen ini. Mohan begitu antusias menyimak dalam materi yang diajarkan oleh pemateri tersebut.
Setelah selesai, para kader yang menjadi peserta pelatihan ini mengajak foto bersama dengan pemateri dan Mohan.  *** [071116]

Klik di sini untuk medownload foto pelatihan ini


0 Comments: