Try Out Kader SMARThealth

Setelah tahapan pelatihan kader SMARThealth dirampungkan, tahapan berikutnya pada intervention baseline kader adalah try out kader. Try out merupakan kata serapan yang dicomot dari bahasa Inggris, yang artinya mencoba. Mencoba di sini dalam pengertian ‘a test of the potential of someone or something’ (tes potensi seseorang atau sesuatu).
Try out sebagai salah satu upaya mengukur kemampuan kader sudah pada jalur yang tepat karena kegiatan itu dapat memberikan gambaran tentang kompetensi yang telah dicapai/dikuasai oleh kader, dan memberikan pengalaman kepada kader mengerjakan materi yang telah diajarkan dalam pelatihan tersebut.


Jadi, pengertian try out kader di sini adalah ingin mengetahui sejauh mana materi yang telah diajarkan dalam pelatihan kader sudah diserap secara baik dan benar atau belum. Karena try out ini merupakan pijakan bagi kader agar bisa melakukan skrining kepada masyarakat.
Try out kader berlangsung selama dua bulan. Dimulai usai pelatihan kader sampai dengan bulan Januari 2017 di 4 desa intervensi SMARThealth, yaitu Desa Sidorahayu (Wagir), Desa Karangduren (Pakisaji), Kelurahan Kepanjen (Kepanjen), dan Desa Sepanjang (Gondanglegi).


Dalam try out ini, kader SMARThealth senantiasa didampingi oleh fasilitator SMARThealth. Fasilitator akan mendampingi kader tersebut sampai lancar. Mulai dari memperkenalkan kepada warga yang akan diskrining hingga melakukan pengukuran tensi, gula darah, kolesterol, tinggi badan maupun berat badan. Fasilitator benar-benar berkepentingan dalam mengawal pendampingan dalam try out ini, agar supaya apa yang dilakukan oleh kader tersebut benar secara prosedural berdasarkan materi yang telah diajarkan.
Bila dari hasil try out ini terindikasi kader memang telah menguasai prosedur dalam skrining terhadap warga yang telah berumur 40 tahun ke atas, maka kader tersebut berarti sudah layak untuk diterjunkan di tengah-tengah masyarakat guna menjalankan implementasi skrining kesehatan. *** [300117]

0 Comments: