Sosialisasi Replikasi SMARThealth di Kantor Camat Wajak

Hari ini, Selasa (08/09/2020) diadakan Sosialisasi Replikasi SMARThealth yang berlangsung di Café Wajak besutan Kecamatan Wajak. Café Wajak itu memang diperuntukkan untuk menerima tamu kecamatan. Café itu berada di halaman belakang Kantor Camat Wajak yang berada di Jalan Panglima Sudirman No. 96 Desa Wajak, Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur.
Café yang bernuansa taman air itu menarik perhatian para undangan yang mengikuti soasialisasi tersebut. Tampak hadir dalam sosialisasi tersebut adalah Camat Wajak Purwoto, S.Sos., M.Si, Kepala UPTD Puskesmas Wajak drg. Hennie Noerhayati beserta staf PTM Puskesmas Wajak Nurul, Sekretaris Desa Dadapan dan Sukolilo.


Sosialisasi Replikasi SMARThealth di Kantor Camat Wajak (08/09/2020)

Sedangkan dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Malang diwakili oleh Kepala Seksi (Kasie) PTM Keswa Paulus Gatot Kusharyanto, SKM yang ditemani salah seorang Tim SMARThealth.
Dalam sosialisasi tersebut, Gatot (nama panggilan Kasie PTM Keswa) memperkenalkan program Inovasi SMARThealth dan rencana replikasi yang akan dilaksanakan di 10 desa di Kabupaten Malang di tahun 2020. Di antara 10 desa yang akan mengimplementasikan replikasi SMARThealth di tahun ini adalah Desa Dadapan dan Sukolilo yang berada di wilayah Kecamatan Wajak.
Setelah paparan, Kasie PTM Keswa membuka dialog kepada para tamu undangan yang hadir dalam sosialisasi teresebut. Pertemuan ini merupakan langkah awal untuk memperkenalkan gambaran replikasi SMARThealth di 10 desa di tahun anggaran 2020 ini.
Langkah awal ini kemudian akan ditindaklanjuti dengan sejumlah masukan dari para tamu undangan untuk membuat schedule dalam pelaksanaan nantinya, seperti melakukan ToT untuk melatih para kader di kedua desa tersebut, ponkesdes setempat dan beberapa staf yang ada di Puskesmas utamanya adalah dokter dan bagian PTM.
Pertemuan yang berlangsung dari pukul 09.18 WIB dan berakhir pada pukul 10.14 itu berjalan dengan lancar dan penuh keakraban. Mereka pada umumnya sangat mendukung program replikasi tersebut. Namun demikian mereka berharap dbuatkan indikator-indikatornya dalam implementasi program itu, target-target capaiannya yang baik seperti apa, dan tentunya juga schedule yang harus disiapkan oleh Dinkes Kabupaten Malang. *** [080920]



Penulis : Budiarto Eko Kusumo Penyunting Naskah: Budiarto Eko Kusumo

0 Comments: