Bakti Sosial Mahasiswa KKN UNIKAMA di Kepanjen

Bakti sosial (baksos) yang digelar oleh Mahasiswa KKN Universitas Kanjuruhan Malang (UNIKAMA) pada hari Sabtu, 7 September 2019 di Kelurahan Kepanjen ini patut diacungi jempol. Karena hal ini merupakan suatu bentuk wujud kepedulian atau rasa kemanusiaan terhadap sesama.
Baksos yang berbentuk program kesehatan ini menggandeng kader kesehatan setempat yang tergabung dalam Posbindu SMARThealth, perawat dan bidan desa dari Ponkesdes Kepanjen serta dokter dari Puskesmas Kepanjen.


Kolaborasi sinergis ini berawal dari adopsi kegiatan yang dilakukan oleh Posbindu SMARThealth. Mereka mengadakan perlengkapan habis pakai (strip gula darah, strip kolesterol, dan strip asam urat) melalui swadana dari para mahasiswa yang KKN di Kelurahan Kepanjen. Kemudian membantu ibu-ibu kader SMARThealth melakukan pendaftaran kepada warga yang ingin memeriksakan diri, pengukuran berat badan, dan tinggi badan. Sedangkan, untuk pengecekan gula darah, kolesterol maupun asam urat dilakukan oleh kader terlatih SMARThealth. Lembar hasil pengukuran oleh mahasiswa dan pengecekan oleh kader kemudian diserahkan kepada dokter dari Puskesmas Kepanjen yang bertugas dalam baksos tersebut.


Dari hasil diagnosis dokter, warga kemudian menuju ke perawat dan bidan desa yang bertugas menyiapkan obat kepada warga yang mendapat resep dari dokter.
Dari hasil pemeriksaan tersebut dihadiri oleh 52 warga, dan seorang wanita yang minta home visit karena mengalami stroke ringan. Permintaan home visit itu dilakukan oleh suaminya yang kebetulan memeriksakan diri pada baksos tersebut.
Home visit akhirnya dilakukan oleh dua kader SMARThealth didampingi oleh perawat Ponkesdes Kepanjen dan diikuti oleh tiga mahasiswa yang ingin tahu perihal home visit tersebut.


Baksos ini sesungguhnya merupakan ejawantah dari KKN (Kuliah Kerja Nyata), yaitu sebagai bentuk Pengabdian pada Masyarakat oleh mahasiswa dengan bimbingan dosen. Sebagai kegiatan pendidikan, melalui KKN mahasiswa diperkenalkan secara langsung dengan masyarakat dan permasalahannya serta cara kerja lintas sektoral dari interdisipliner.
Oleh karena itulah KKN dimaknai sebagai suatu kegiatan perkuliahan dan kerja lapangan yang merupakan pengintegrasian pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat oleh mahasiswa secara praktis, yang secara pribadi masing-masing mungkin KKN ini bisa dianggap sebagai arena pembelajaran yang penuh hikmah. *** [070919]

0 Comments: