Desa Dilem Dapat Bantuan Alat Cuci Portable untuk Cegah Penyebaran COVID-19

Di tengah mewabahnya virus corona atau yang akrab dengan sebutan COVID-19 (Coronavirus Disease 2019) ini, banyak upaya yang dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona tersebut. Salah satu desa yang ada di Kepanjen, Kabupaten Malang juga tak ketinggalan dalam melakukan langkah pencegahan COVID-19. Salah satunya adalah menyosialisasikan bantuan alat cuci portable bikinan STIKes Widya Cipta Husada.
Mencuci tangan dengan sabun di air yang mengalir merupakan salah satu cara paling efektif mencegah penyebaran virus corona. Hal ini juga sudah ditegaskan oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO). Cara ini bahkan lebih efektif membunuh virus dibanding memakai hand sanitizer.

Tampak warga RT 06 RW 01 Dilem sedang cuci tangan di alat cuci portable

Mencuci tangan sangat disarankan, apalagi jika Anda masih harus berkegiatan di luar rumah. Virus corona bisa menempel di berbagai permukaan yang mungkin Anda pegang. Anda disarankan melakukan sesering mungkin.
STIKes Widya Cipta Husada yang kampusnya berdomisili di Desa Dilem, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang merasa terpanggil untuk berbuat banyak di lingkungan kampusnya dalam mencegah virus corona, di antaranya memberikan sejumlah alat cuci tangan portable.

Petunjuk cuci tangan yang benar

Lima alat cuci portable itu, selain dimanfaatkan oleh civitas akademik STIKes Widya Cipta Husada, juga dipasang di sepanjang Jalan Sidoluhur, Dusun Lemah Duwur, Desa Dilem. Lokasi pemasangannya berada di sebelah timur Sekretariat SMARThealth. Ada yang di pasang di depan Mushola Babussalam, di mulut gang tempat belanja di RT 06 RW 01, mulut dekat TPA, dan di gang dekat Mie Horor.
Peletakan ini bukan asal meletakkan saja. Sebelumnya relawan STIKes Widya Cipta Husada melakukan survey lapangan dulu. Mereka berkordinasi dengan Ketua RT dan menanyakan sejumlah warga perihal lokasinya. Dari pengamatan penulis, pemasangan alat cuci portable itu diletakkan di tempat yang memiliki intensitas aktivitas warga di sana.

Pesan humanis di alat cuci portable

Pembuatan alat cuci portable ini tergolong sederhana, namun sangat bermanfaat. Alat ini bisa menjadi salah satu cara paling efektif untuk mencegah penyebaran corona. Pada saat pemasangan alat cuci portable itu juga ditempelkan bimbingan tentang bagaimana cara mencuci tangan yang baik dan benar. Diharapkan warga setempat memanfaatkan alat cuci portable tersebut, dan bergotong royong menyediakan air maupun sabun bila telah habis.
Ini adalah contoh mudah dan sederhana yang bisa ditiru oleh desa-desa lain yang ada di Kabupaten Malang. Tak hanya mengajak warga desa agar sesering mungkin melakukan cuci tangan dengan tulisan yang ada di alat cuci portable: “Ayo!! Cuci Tangan Pakai Sabun Mencegah Virus Corona”, namun yang lebih penting dan utama buat keteladanan daerah lain adalah melalui pesan humanistiknya: “Perangi Virusnya, Bukan Orangnya.” *** [270420]


Penulis : Budiarto Eko Kusumo Penyunting Naskah: Rilya Bagus Ariesta Niko Prasetyo


0 Comments: