Kunjungan awal ke Puskesmas Wagir Bawah

Selesai FGD dengan kader Desa Sidorahayu, kedua peneliti utama SMARThealth melakukan kunjungan awal ke Puskesmas Wagir Bawah. Kata “bawah” yang disematkan untuk menunjuk Puskesmas ini memang adanya cuma di Wagir. Istilah bawah ini lahir dari kesejarahan puskesmas tersebut.
Semula puskesmasnya memang ada di sini tapi karena sudah tidak memuat untuk layanan kesehatan maupun medis lainnya, akhirnya Pemkab Malang membangun perluasan gedung Puskesmas. Akan tetapi karena tidak bisa satu lahan, maka dari situ muncullah istilah Puskesmas Wagir Atas dan Puskesmas Wagir Bawah.
Puskesmas Wagir Bawah ini sekarang diperuntukkan untuk pasien yang rawat inap karena memang peralatan untuk rawat inap sudah ada di gedung bawah ini sebelumnya. Sedangkan yang Puskesmas Wagir Atas digunakan untuk layanan non rawat inap.
Pertemuan di Puskesmas Wagir Bawah ini memang bernuansa ‘spesial’. Dokter yang membawahi puskesmas ini memang berkeinginan menekuni dalam masalah perjantungan, dan sama-sama alumni FKUB seperti dr. Asri Maharani. Jadi, dialognya pun mengalir dengan sendirinya.
Menurut dr. Dyah Ayu Ike Ningrum, untuk melihat risiko kardiovascular menggunakan Fremingham Heart Study. Kalau pasien baru harus diskrining total. Fremingham memang belum dibakukan di Indonesia melainkan akan, tetapi WHO yang sudah membakukan untuk negara berkembang.
Kemudian oleh dr. Asri Maharani ditanyakan juga perihal kebutuhan obat nantinya yang akan jauh meningkat setelah diterapkan SMARThealth. Menurut dr. Dyah Ayu Ike Ningrum, biasanya turunnya obat tidak sesuai dengan e-Catalog.
Sujarwoto, S.IP, M.Si, MPA, Ph.D menanyakan apakah dokter melakukan promosi? Jawab dr. Dyah Ayu Ike Ningrum, sebulan sekali Posyandu Lansia mengadakan promosi berupa penyuluhan.
Di sela-sela dialog, dr. Dyah Ayu Ike Ningrum memberitahukan bahwa di Tumpang banyak pasien berisiko jantung.
Sebagai penutup dialog, dijelaskan oleh dr. Asri Maharani bahwa akan ada intensif bagi dokter yang menangani SMARThealth ini, serta akan ada pelatihan untuk mengoperasikan aplikasi SMARThealth. *** [240516]


Foto Kunjungan ke Puskesmas Wagir Bawah

Papan Puskesmas Wagir Bawah

Bertemu tenaga medis Puskesmas

Diskusi dengan tenaga medis Puskesmas

Laborat Puskesmas

Petugas Laborat

Loket Puskesmas

Tas Perawat untuk Posbindu

Perlengkapan di dalam tas

Perlengkapan di dalam tas

Perlengkapan di dalam tas

Perlengkapan di dalam tas

Model timbangan yang digunakan


0 Comments: