Perekrutan Kader Kesehatan

Setelah rapid health service assessment usai dilaksanakan, agenda berikutnya yang dijalankan adalah melakukan perekrutan sejumlah kader untuk kegiatan SMARThealth ini, dari tanggal 28 hingga 31 Mei 2018. Ada 3 desa dan 1 kelurahan di Kab. Malang yang ditetapkan sebagai intervention baseline dalam program SMARThealth, yaitu Desa Sidorahayu (Wagir), Desa Karangduren (Pakisaji), Kelurahan Kepanjen (Kepanjen), dan Desa Sepanjang (Gondanglegi).
Dalam program SMARThealth, kader kesehatan memegang peran utama dan sangat penting, karena para kader inilah yang akan mengidentifikasi responden, mengumpulkan informasi dari responden, memeriksa responden tentang risiko mereka terhadap penyakit jantung serta merujuknya ke dokter apabila disarankan oleh sistem SMARThealth.
Kader kesehatan juga diharuskan untuk member rekomendasi tentang perubahan gaya hidup menuju ke gaya hidup sehat di masyarakat. Sebagian besar pekerjaan atau aktivitas dalam program ini melibatkan peran kader kesehatan, khususnya dalam upaya pencegahan dan pemantauan penyakit tidak menular yang terjadi di masyarakat.
Seorang kader kesehatan adalah seseorang yang mau dan mampu melaksanakan upaya-upaya untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di bawah pembinaan petugas kesehatan yang dilakukan atas kesadaran diri sendiri dan tanpa pamrih apapun. Sebagai seorang kader kesehatan, ia berperan sebagai perantara antara masyarakat dengan sistem kesehatan masyarakat.
Perekrutan kader kesehatan dilakukan di desa masing-masing yang bakal ada program SMARThealth. Syaratnya cukup mudah, yaitu yang bisa mengoperasikan smartphone dan tidak pemalas. Perekrutan dilakukan dengan cara pengajuan sejumlah nama kader yang ada dari perawat, bidan desa  dan pimpinan PKK setempat kepada Tim SMARThealth.
Dari 58 kader di Desa Sidorahayu terpilih 10 orang yang akan mewakili kegiatan di SMARThealth. Di Desa Karangduren, dari 92 kader terpilih 10 kader yang akan mewakili di kegiatan SMARThealth. Di Kelurahan Kepanjen, dari 76 kader terpilih 18 yang akan mewakili tugas di kegiatan SMARThealth. Sedangkan di Desa Sepanjang, dari 80 kader yang ada, terpilih 10 kader yang mewakili di kegiatan SMARThealth. *** [280516]

0 Comments: