Back up dan Cleaning Data Survey Baseline

Setelah rangkaian pelaksanaan pengumpulan data di lapangan (field works implementation) pada survey baseline selesai, maka langkah selanjutnya adalah melakukan back up data dari Tablet yang telah digunakan untuk wawancara oleh para enumerator di lapangan.



Back up data ini dilakukan di Sekretariat SMARThealth selama 4 hari dari 26 Oktober 2016 hingga 29 Oktober 2016. Kemudian data dari hasil back up itu diserahkan kepada Sujarwoto, S.IP, M.Si, MAP, Ph.D selaku peneliti SMARThealth yang menjadi Team Leader dalam program SMARThealth di Indonesia. Setelah itu data kemudian dikirimkan ke dr. Asri Maharani, MARS, Ph.D, principal investigator (peneliti utama) SMARThealth. yang berada di Universitas Manchester untuk dilakukan cleaning data.


Cleaning data ini memakan waktu hingga 11 November 2016 atau hampir satu bulan lamanya. Setelah proses cleaning data, diketahui terdapat 11.105 individu berumur 40 tahun ke atas. Dari populasi itu, teridentifikasi sejumlah 3.368 individu yang highrisk (memiliki risiko tinggi). *** [291016]

0 Comments: