Pelatihan Kader Sepanjang yang Kedua

Pelatihan kader Desa Sepanjang yang kedua diadakan pada hari Selasa, 1 November 2016 bertempat di Ruang Pertemuan Puskesmas Gondanglegi. Dalam pelatihan itu, kader kesehatan Desa Sepanjang datang dengan baju seragam yang berbeda dengan pelatihan yang pertama. Seragam yang kedua ini merupakan seragam olahraga atau yang biasa digunakan untuk melakukan senam.



Materi yang dipaparkan dalam pelatihan ini sama dengan pelatihan sebelumnya. Pelatihan yang kedua ini lebih menekankan kepada kelancaran dalam menggunakan alat-alat kesehatan yang akan digunakan program SMARThealth.
Istilah dalam bahasa Jawanya adalah lanyah. Orang Jawa punya istilah ‘lanyah’ yang kurang lebih berarti terbiasa, ‘fasih’, atau ‘luwes’ dalam melakukan sebuah aktivitas. Istilah tersebut mengindikasikan pelakuknya telah mempraktekkannya dengan rutin dan terus menerus. Sehingga, akhirnya menjadi terbiasa.
Proses melanyahkan kader kesehatan itulah yang perlu dilakukan pelatihan yang berulang-ulang. Hal ini dilakukan agar supaya ketika kader kesehatan sudah mulai turun screening di Desa Sepanjang tidak mengalami kebingungan dan nerves terhadap warga Sepanjang yang akan diskrining. *** [011116]

Foto pelatihan kader Sepanjang ini bisa dilihat di sini

 

0 Comments: