Pelatihan Kader Karangduren untuk Melakukan Screening

Usai pelatihan kader Sepanjang, agenda pelatihan kader berikutnya sesuai jadwal yang telah disusun oleh Sekretariat SMARThealth adalah pelatihan kader Karangduren, yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 29 Oktober 2016 bertempat di Ruang Aula Pertemuan Balai Desa Karangduren, Kecamatan Pakisaji.
Pelatihan ini diselenggarakan oleh SMARThealth, dan dihadiri oleh 10 kader kesehatan yang telah terpilih dalam perekrutan kader 5 bulan silam. Pematerinya masih sama dengan pelatihan kader Sepanjang, yaitu menghadirkan dr. Dyah Ayuning Wulan dari Kota Malang.



Pada pelatihan kader Karangduren yang pertama ini diajarkan aspek medis penyakit kardiovaskular, tekanan darah, stroke, gula darah, dan kolesterol. Selain itu, kader juga diberi tahu perihal faktor-faktor  risiko penyakit kardiovaskular seperti rokok dan produk dari tembakau, pola makan yang tidak sehat, dan aktivitas fisik.
Setelah itu, pemateri melanjutkan dengan mengajarkan cara mengukur tensi, mengecek gula darah dan kolesterol, cara mengukur tinggi badan serta mengukur berat badan. Kemudian pemateri mempersilakan kepada semua kader yang ikut dalam pelatihan ini untuk berlatih sesuai yang diajarkannya.
Kader berlatih dengan kader yang lainnya secara berpasangan, dan pemateri berkeliling untuk melihatnya, apakah kader sudah melakukan dengan benar atau belum.
Yang menarik dari pelatihan ini adalah hadirnya Ibu Hajjah Siti Khoiriyah, istri Kepala Desa Karangduren, yang sekaligus menjadi Ketua PKK Desa Karangduren. Antusias istri Kepala Desa Karangduren dalam mengawal kadernya dalam pelatihan ini bisa diberi acungan jempol. *** [291016]

Foto pelatihan kader Sepanjang ini bisa dilihat di sini

0 Comments: