Pelatihan Kader Sepanjang untuk Melakukan Screening

Setelah pelatihan kader Kepanjen, kini giliran pelatihan kader Sepanjang yang diselenggarakan di Ruang Aula Puskesmas Gondanglegi pada hari Jumat, 28 Oktober 2016. Dimulai pukul 09.00 WIB dan berakhir menjelang sholat Jumat.
Pelatihan yang diselenggarakan SMARThealth ini dihadiri oleh 10 kader yang telah terpilih dalam rekrutmen kader 5 bulan sebelumnya, dan pematerinya dalam pelatihan ini menghadirkan dr. Dyah Ayuning Wulan dari Kota Malang.



Seperti pada pelatihan kader di Kepanjen sehari sebelumnya, pada pelatihan kader Sepanjang yang pertama ini diajarkan aspek medis penyakit kardiovaskular, tekanan darah, stroke, gula darah, dan kolesterol. Selain itu, kader juga diberik tahu perihal faktor-faktor  risiko penyakit kardiovaskular seperti rokok dan produk dari tembakau, pola makan yang tidak sehat, dan aktivitas fisik.
Setelah itu, pemateri melanjutkan dengan mengajarkan cara mengukur tensi, mengecek gula darah dan kolesterol, cara mengukur tinggi badan serta mengukur berat badan. Kemudian pemateri mempersilakan kepada semua kader yang ikut dalam pelatihan ini untuk berlatih sesuai yang diajarkannya.
Kader berlatih dengan kader yang lainnya secara berpasangan, dan pemateri berkeliling untuk melihatnya, apakah kader sudah melakukan dengan benar atau belum.
Kemudian dilanjutkan dengan latihan menggunakan aplikasi SMARThealth untuk menginput data hasil screening kader sesuai pertanyaan yang ada di aplikasi tersebut *** [281016]

Foto pelatihan kader Sepanjang ini bisa dilihat di sini

0 Comments: