Pelatihan Kader Kepanjen untuk Melakukan Screening

Setelah perekrutan kader kesehatan, langkah selanjutnya adalah memberikan pelatihan kader untuk terlibat dalam program SMARThealth. Akan tetapi, dalam kenyataannya pelatihan itu memiliki jeda waktu yang cukup lama, yaitu sekitar 5 bulan.
Jeda waktu ini disebabkan oleh beberapa hal, di antaranya menunggu selesainya enumerator melakukan screening dan aplikasi screening kader yang belum rampung. Pada saat dilakukan uji coba aplikasi untuk screening kader pada 7 Oktober 2016, masih ditemukan beberapa kesalahan dalam aplikasi.


Usai purnatugas enumerator pada Survey Baseline, pelatihan kader mulai dilaksanakan sambil menunggu aplikasi benar-benar fix. Agenda  pelatihan kader yang pertama dilakukan untuk kader Kepanjen. Hal ini didasarkan kesiapan mereka berdasarkan jadwal yang telah disusun oleh Sekretariat SMARThealth.
Pelatihan pertama bagi kader Kepanjen dilaksanakan pada hari Selasa, 25 Oktober 2016 bertempat di Aula Balai Kelurahan Kepanjen. Pelatihan ini dihadiri oleh 18 kader dari Kelurahan Kepanjen. Pemateri dan sekaligus yang melatih adalah dr. Nuretha Hevy Purwaningtyas, Dipl.FM (FKUB) dan dr. Dyah Ayuning Wulan.
Pada pelatihan pertama ini, kader Kepanjen diajarkan aspek medis penyakit kardiovaskular, tekanan darah, stroke, gula darah, dan kolesterol. Selain itu, kader juga diberi tahu perihal faktor-faktor risiko penyakit kardiovaskular seperti rokok dan produk dari tembakau, pola makan yang tidak sehat, dan aktivitas fisik.
Setelah paparan itu selesai, dilanjutkan dengan latihan pengukuran tekanan darah, gula darah, kolesterol, tinggi badan dan berat badan. Awalnya pemateri memberikan contoh kemudian ditirukan oleh kader, dan kemudian mereka mempraktekkan latihan pengukuran itu terhadap sesama kader silih berganti. *** [251016]

Foto pelatihan kader Kepanjen ini bisa dilihat di sini

0 Comments: