Pelatihan Kader Sidorahayu untuk Melakukan Screening

Sehari setelah pelatihan dokter dan tenaga kesehatan, jadwal pelatihan berikutnya yang telah diagendakan oleh Sekretariat SMARThelth adalah pelatihan kader Sidorahayu. Pelatihan ini merupakan pelatihan yang pertama bagi kader kesehatan yang ada di Desa Sidorahayu.
Pelatihan kader Sidorahayu untuk melakukan screening ini diselenggarakan pada hari Jumat, 4 November 2016 bertempat di Ruang Pertemuan Balai Desa Sidorahayu, dan dihadiri oleh 10 kader kesehatan yang telah terpilih dalam perekrutan kader 5 bulan sebelumnya. Pematerinya menghadirkan dr. Nuretha Hevy Purwaningtyas, Dipl. FM dari Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FKUB) Malang dan dr. Dyah Ayuning Wulan dari Kota Malang.



Pada pelatihan kader Sidorahayu yang pertama ini diajarkan aspek medis penyakit kardiovaskular, tekanan darah, stroke, gula darah, dan kolesterol. Selain itu, kader juga diberi tahu perihal faktor-faktor risiko penyakit kardiovaskular seperti rokok dan produk dari tembakau, pola makan yang tidak sehat, dan aktivitas fisik.
Seperti pada pelatihan kader Kepanjen, Sepanjang, dan Karangduren, pada pelatihan kali ini pemateri juga mengajarkan cara mengukur tensi, mengecek gula darah dan kolesterol, cara mengukur tinggi badan serta mengukur berat badan. Kemudian setelah itu para kader dipersilakan untuk berlatih seperti yang diajarkan. Awalnya mereka berlatih secara berpasangan, lalu mereka mempraktekkan dengan kader yang lainnya.
Selain itu, dalam pelatihan di Sidorahayu ini, kader juga diajarkan cara menggunakan aplikasi SMARThealth yang akan digunakan oleh kader ketika melakukan screening nanti. Kebetulan pada pelatihan ini, aplikasi sudah dikirimkan kembali setelah melalui perbaikan di India.
Dalam pelatihan ini, tampak hadir seorang perawat Desa Sidorahayu yang kala itu masih berstatus lajang, yaitu Dimas Kurniawan. Ia berusaha mendampingi kader Sidorahayu dalam pelatihan tersebut. *** [041116]

Foto pelatihan kader Sidorahayu ini bisa dilihat di sini


0 Comments: