Kunjungan awal ke Puskesmas Wagir Atas

Kunjungan kedua peneliti SMARThealth (dr. Asri Maharani, MMRS, Ph.D dan Sujarwoto, S.IP, M.Si, MPA, Ph.D) berikutnya adalah Puskesmas Wagir Atas atau Puskesmas Induk pada 23 Mei 2018. Istilah atas dan bawah dalam penyebutan untuk Puskesmas Wagir karena pada kenyataannya di Puskesmas Wagir memiliki dua tempat dalam layahan kesehatan di Kecamatan Wagir. Hal ini karena kesejarahannya saja. Di mana dulu letak Puskesmas Wagir berada di dekat Polsek Wagir kemudian karena tidak terlalu luas maka Puskesmas Wagir membangun lagi di lokasi yang lebih atas. Karena topografi Kecamatan Wagir merupakan bagian dari lereng Gunung Kawi maka struktur tanahnya menyerupai bukit, sehingga yang letaknya di bawah disebut Puskesmas Wagir Bawah dan yang berada di atas dikenal dengan Puskesmas Wagir Atas.
Kunjungan ke Puskesmas Wagir Atas yang menjadi pusat administrasi dan layanan kesehatan non opname, kedua peneliti memperkenalkan terlebih dahulu kepada Kepala Puskesmas Wagir, drg. Widodo Widianarko. Kemudian kedua peneliti menjelaskan program SMARThealth yang akan diimplementasikan di Kabupaten Malang. Kebetulan salah satu desa yang ada di wilayah layanan dari Puskesmas Wagir ini akan menjadi desa yang terpilih untuk pelaksanaan program SMARThealth, yaitu Desa Sidorahayu.
Setelah memaparkan perihal program SMARThealth, kedua peneliti mengajak diskusi kepada Kepala Puskesmas dan beberapa stafnya untuk mengetahui layanan kesehatan dan permasalahan yang ada di wilayah Puskesmas Wagir. Tampak satu staf dan satu dokter turut dalam diskusi tersebut.
Guna melakukan rapid health service assessment, kedua peneliti kemudian melakukan observasi gedung Puskesmas Wagir Atas usai berdiskusi. Dalam observasi itu, kedua peneliti kerap menanyakan ke dokter pengampu di situ yang mendampingi kedua peneliti tersebut berkeliling. Setelah selesai, kedua peneliti berpamitan kepada Kepala Puskesmas Wagir beserta stafnya, dan melanjutkan perjalanan ke Ponkesdes Sidorahayu yang telah diagendakan. *** [230516]

Foto Kunjungan 

 
Kedua Peneliti Utama SMARThealth

Diskusi

Diskusi

Peta Kec. Wagir

Ruang Layanan di Puskesmas Wagir

Ruang Periksa

Ruang Periksa

Ruang Kerja Bagian Obat

Gudang Obat dan Peralatan

Peraturan Pelayanan Medis

Alur Pelayanan

Pelayanan dari BPJS


0 Comments: