Bertemu dengan Kader dan Tenaga Kesehatan Desa Sepanjang

Sebelum melakukan kunjungan ke Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Malang, kedua peneliti utama SMARThealth, yaitu dr. Asri Maharani, MMRS, Ph.D dan Sujarwoto, S.IP. M.Si, MPA, Ph.D, menyempatkan bertemu dengan kader dan tenaga kesehatan Desa Sepanjang di Ponkesdes Sepanjang pada 17 Mei 2016.
Pertemuan ini dimanfaatkan oleh kedua peneliti untuk mengenal para kader dan tenaga kesehatan lebih lanjut. Karena dadakan, kader yang datang kala itu hanya tiga orang ditambah dengan perawat dan bidan Desa Sepanjang.
Kedua peneliti menyempatkan diri terlebih dulu untuk bertemu dengan kader di Desa Sepanjang, karena kader adalah tenaga sukarela yang dipilih oleh/dari masyarakat dan bertugas mengembangkan masyarakat. Kader adalah warga masyarakat setempat yang dipilih dan ditinjau oleh masyarakat dan dapat bekerja secara sukarela.
Dalam rangka mensukseskan pembangunan nasional, khusus di bidang kesehatan, bentuk pelayanan kesehatan diarahkan pada prinsip bahwa masyarakat bukanlah sebagai objek akan tetapi merupakan subjek dari pembangunan itu sendiri. Pada hakikatnya kesehatan dipolakan mengikutsertakan masyarakat secara aktif dan bertanggung jawab. Keikutsertaan masyarakat dalam meningkatkan efisiensi pelayanan adalah atas dasar terbatasnya daya dan adanya dalam operasional pelayanan kesehatan masyarakat akan memanfaatkan sumber daya yang ada di masyarakat seoptimal mungkin.
Penggerakan dan kerjasama masyarakat seperti kader dan tenaga kesehatan desa adalah bagian yang tidak terpisahkan dari pengembangan desa itu sendiri. Kader berperan sebagai salah satu pelaku utama dalam program pengembangan dan pemberdayaan masyarakat di desa setempat.
Dalam pertemuan ini, kedua peneliti berdialog dengan kader dan tenaga kesehatan mengenai kegiatan-kegiatan apa saja yang dilakukan oleh kader maupun tenaga kesehatan di Desa Sepanjang. Selain itu juga ingin mengetahui pengalaman para kader dalam keterlibatannya menyangkut kesehatan di desanya.
Dengan mengetahui pengalaman para kader dan tenaga kesehatan setempat, kedua peneliti akan bisa mensinkronkan dengan program SMARThealth yang akan dijalankan di Desa Sepanjang. *** [170516]

Foto Bertemu dengan Kader dan Tenaga Kesehatan


Foto Bersama

Diskusi Peneliti dan Kader/Perawat

Diskusi Peneliti dan Kader/Perawat/Bidan Desa

KMS FR-PTM (bagian depan)

KMS FR-PTM (bagian belakang)

Mading Taman Posyandu


0 Comments: