Kerja Bakti Kampung

Kerja bakti merupakan kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok orang untuk membuat lingkungan menjadi lebih baik dan memperindah lingkungan. Biasanya kerja bakti dilakukan setiap hari libur oleh masyarakat. Karena kerja bakti itu dilakukan kelompok, maka dari itu menunggu waktu yang tepat, yaitu para pelaksana kerja bakti itu libur dan benar-benar longgar, tidak ada kegiatan.
Pada hari Ahad, 18 September 2016 Sekretariat SMARThealth berpartisipasi dalam kerja bakti yang diselenggarakan oleh RT setempat. Kebetulan kerja bakti itu berpusat di Dusun Lemah Duwur, Desa Dilem, yang lokasinya berdekatan dengan posisi Sekretariat SMARThealth..
Banyak hal yang dilakukan dalam kegiatan kerja bakti itu di antaranya adalah membersihkan selokan dan saluran air agar tidak tersumbat atau menggenang. Jika selokan mampet karena terhalang oleh tanaman yang tumbuh rimbun di selokan akan mengganggu aliran air. Genangan air tersebut bila tidak diwaspadai akan menjadi sarang nyamuk untuk berkembang biak, terlebih di tengah musim hujan yang sedang berlangsung.
Hal ini dikawatirkan akan mendatangkan sejumlah penyakit yang diakibatkan dari nyamuk yang ada di comberan selokan tersebut, dan jika sudah menyebar maka akan menjadikan kampung itu sendiri terancam oleh penyakit.
Oleh karena itu tatkala mendapat undangan untuk melakukan kerja bakti, personil yang mendiami Sekretariat bergabung dengan tetangga atau masyarakat sekitar untuk kerja bakti. Dengan kerja bakti itu diharapkan kampung menjadi bersih dan terhindar dari berbagai penyakit. Hal ini tentunya selaras dengan sebuah ujaran yang menggambarkan perlunya sehat untuk masyarakat:

“Health is not everything but without it nothing.”
(Kesehatan tidak segalanya tapi jika tidak sehat, apalah artinya)

***








0 Comments: