Pertemuan Lanjutan Tim SMARThealth dengan Dinkes

Pertemuan pada Selasa (09/06/2020) ini merupakan kelanjutan dari pertemuan yang digelar pada hari Kamis (04/06/2020). Pertemuan lanjutan ini diadakan di Ruang Kerja Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kabupaten Malang.
Dalam pertemuan itu, Tim SMARThealth langsung dipimpin oleh Team Leader SMARThealth Indonesia Sujarwoto, S.IP, M.Si, MPA, Ph.D yang didampingi oleh Program Coordinator SMARThealth. Sedangkan, dari Dinkes diwakili oleh Kabid P2P Lulus Condro Trikoratno, S.Kep. Ns, M.Si.
Pertemuan yang memakan waktu hampir satu jam lamanya itu membicarakan program Replikasi SMARThealth yang telah diagendakan sebelumnya. Kendati untuk lapangannya belum bisa berjalan, namun persiapan yang terkait dengan program tersebut terus dijalankan.

Team Leader SMARThealth Indonesia berdiskusi dengan Kepala Bidang P2P Dinkes Kab. Malang

Sambil menunggu New Normal untuk Kabupaten Malang, Tim SMARThealth bersama dengan Dinkes telah melakukan pemasangan server untuk implementasi Replikasi SMARThealth nantinya. Selain itu, bridging pun juga sudah dilakukan agar supaya data yang diinput oleh kader nantinya bisa langsung terhubung dengan e-Puskesmas.
Persiapan tersebut juga memerlukan waktu dan monitoring oleh Team Leader SMARThealth Indonesia. Sujarwoto perlu memastikan kesiapan itu semua. Selain itu, Sujarwoto juga ingin memastikan aplikasi skrining Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) bisa berjalan di Kabupaten Malang.
Sebagai peneliti, Sujarwoto juga memaparkan kepada Dinkes perihal arti pentingnya data. Data bukan sekadar membahas naik turunnya kasus COVID-19 saja tapi mengelola data yang baik juga akan lebih memperkaya pemahaman akan persoalan di lapangan. Dengan demikian, data bisa membantu untuk memahami hal tersebut.
Oleh sebab itu, menurut Sujarwoto, perlakuan data yang valid dan cepat dalam inputnya, pemangku kebijakan akan bisa dengan segera menarik informasi yang penting dari data tersebut.
Tepat pukul 09.44 WIB, pertemuan yang bernas itu berakhir. Team Leader SMARThealth Indonesia berpamitan untuk kembali ke Kota Malang guna melanjutkan tugas yang lainnya. Begitu pula dengan Kabid P2P yang sejak ditunjuk sebagai Ketua Posko Kewaspadaan COVID-19 Kabupaten Malang memiliki intensitas pekerjaan yang cukup tinggi dari sebelumnya. *** [090620]


Penulis : Budiarto Eko Kusumo Penyunting Naskah: Rilya Bagus Ariesta Niko Prasetyo


0 Comments: