PANDU PTM di Pandanrejo

Memenuhi undangan dari pemegang program PTM Puskesmas Wagir, Tim SMARThealth hadir dalam kegiatan PANDU PTM yang digelar di Balai Desa Pandanrejo, yang beralamatkan di Jalan Raya Pandanrejo No. 1 Dusun Pandansari RT 05 RW 01 Desa Pandanrejo, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang, Jawa Timur, pada hari Sabtu (07/12/2019).
PANDU PTM (Pelayanan Terpadu Penyakit Tidak Menular) adalah upaya pencegahan dan penanggulangan PTM melalui peningkatan kapasitas petugas dalam pelayanan deteksi dini, monitoring dan tatalaksana PTM melalui pendekatan faktor risiko dengan entry point penatalaksanaan hipertensi dan diabetes.

Foto: Perangkat Desa sedang diperiksa gula darah dan asam urat

Acara ini molor lebih dari satu jam dikarenakan menunggu Kepala Desa Pandanrejo yang akan memberikan sambutan, namun demikian atas inisiatif petugas Puskesmas Wagir yang bertugas dalam pemeriksaan tersebut, pendaftaran dan pengukuran tinggi badan, berat badan serta tensi dapat dilakukan terlebih dahulu. Sehingga, nantinya dalam pemeriksaan selanjutnya tidak terlalu mengantri banyak.
Pembukaan acara PANDU PTM ini secara formal dimulai pada pukul 10.20 WIB. Kemudian diteruskan dengan doa dan disusul dengan sambutan dari Kepala Desa Pandanrejo Muhammad Yusuf, S.Pd.  Dalam sambutan itu, Kepala Desa menghaturkan terima kasih dengan adanya PANDU PTM di desanya dan ia pun juga mohon maaf kepada Puskesmas Wagir karena sebenarnya yang diundang  cukup banyak akan tetapi yang terlihat hadir sedikit.
“Hal ini lantaran pada hari Sabtu ini ada Musrenbang dan banyak warganya yang biodo”, terang Kepala Desa Pandanrejo.

Foto: Kader mengukur lingkar perut

Setelah sambutan dari Kepala Desa, acara langsung diisi dengan pemeriksaan terhadap warga Desa Pandanrejo oleh petugas Puskesmas Wagir yang dibantu Ponkesdes dan Kader Kesehatan setempat. Ada dua petugas kesehatan yang ditugaskan oleh Puskesmas Wagir, yaitu Choirina Kusbiantoro, A.Md.Kep dan Sisca Dewi Arini, S. Kep serta perawat Ponkesdes Pandanrejo Ekti Wulandari, A.Md. Kep. Sedangkan kader kesehatan yang membantu dalam PANDU PTM tersebut adalah Etik Puspita Sari (bagian pendaftaran), Astiani (mengukur tensi), Irmayanti (pengukuran tinggi badan, berat badan dan lingkar perut) serta Tiwik Tri Astuti dan Wahyu Sri Utami sebagai seksi membantu mengatur warga yang akan memeriksakan di PANDU PTM tersebut.
Dalam PANDU PTM tersebut, warga yang diundang adalah warga yang berumur 15 tahun ke atas. Mereka mengantri terlebih dahulu untuk menuju ke bagian pendaftaran. Syaratnya cukup mudah dalam pemeriksaan PANDU PTM ini, mereka cukup memperlihatkan KTP/Kartu Keluarga yang berlaku. Kemudian secara bergiliran, mereka akan melakukan penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan dan lingkar perut. Lalu, mereka akan menuju ke bagian pengukuran tensi secara bergantian.

Foto: Sambil antri periksa, Kepala Desa menyapa warganya

Dari pengukuran tensi, mereka menuju ke bagian laborat berupa pengukuran gula darah dan asam urat. Untuk laborat ini ditangani oleh petugas kesehatan dari Puskesmas Wagir. Di meja itu pula, mereka akan menjawab sejumlah pertanyaan pada form pemantauan faktor risiko PTM yang telah disiapkan, seperti riwayat PTM pada keluarga, riwayat PTM pada diri sendiri, faktor risiko perilaku, dan faktor risiko fisik.
Dari meja laborat ini, mereka melanjutkan langkah menuju ke meja pengisian kuesioner Self Reporting Questionnaire (SRQ) yang terdiri atas 20 butir pertanyaan. Bagi yang lancar membaca, pengisian kuesioner itu cukuplah mudah. Namun bagi yang buta huruf, petugas SRQ Ekti Wulandari, A.Md. Kep. yang dibantu oleh salah seorang Tim SMARThealth Rilya Bagus Ariesta Niko Prasetyo, S.Gz. akan mewawancarainya.
Dari kehadiran Tim SMARThealth dalam PANDU PTM di lingkungan Puskesmas Wagir, dalam kegiatan PANDU PTM di Desa Pandanrejo ini tidak dijumpai adanya pemeriksaan ketajaman mata. Hal ini disebabkan karena belum adanya kader yang mengikuti pelatihan pemeriksaan mata.
Kegiatan PANDU PTM ini berakhir pada pukul 12.12 WIB dengan dihadiri oleh 36 orang warga. Akan tetapi 2 orang dari jumlah itu tidak periksa laborat karena terburu biodo. Setelah itu, pelaksana PANDU PTM ini dijamu oleh pihak Balai Desa Pandanrejo untuk makan siang bersama. *** [071219]


Penulis : Budiarto Eko Kusumo Penyunting Naskah: Rilya Bagus Ariesta Niko Prasetyo


1 komentar:

  1. Bravo untuk tim Pandu PTM,kader dan perangkat desa
    Semoga bisa lebih menyehatkan masyarakat dan bangsa

    BalasHapus