Sarasehan Program Kesehatan Lansia di Panggungrejo

Serangkaian Sarasehan Program Kesehatan Lansia dilaksanakan sebagai bagian dari kegiatan lanjutan sebagai tanggung jawab peneliti untuk menindaklanjuti hasil temuan di lapangan. Setelah sehari sebelumnya digelar di Kelurahan Ardirejo, hari kedua ini sarasehan serupa diselenggarakan oleh dosen Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FKUB) dr. Sri Sunarti, SpPD-KGER bekerjasama dengan Pemerintah Desa Panggungrejo di Pendopo Desa Panggungrejo, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang pada Jumat (17/01/2020).
Acara yang dimulai pada pukul 09.15 WIB ini dibuka dengan sambutan Kepala Desa Panggungrejo Mochamad Herul. Dalam sambutannya, Kepala Desa Panggungrejo merasa senang dengan adanya perhatian terhadap lansia dan sekaligus mengapresiasi program yang dilakukan oleh seorang dokter spesialis di desanya.

Foto: dr. Sri Sunarti, SpPD-K_GER memberikan paparan

Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi materi dan dialog yang berkisar tentang pencegahan sindroma kerapuhan dan peningkatan kualitas hidup pada lansia. Sesi materi ini disampaikan oleh dosen FKUB dr. Sri Sunarti, SpPD-KGER dengan judul materi Latihan Resistensi Progresif, Diet Tinggi Protein, Suplementasi Vitamin D, dan Terapi Dzikir Istighfar (100 kali).
Dalam presentasi program kesehatan lansia ini dihadirkan pihak-pihak terkait disesuaikan dengan materi dan kajian dalam penelitian tersebut. Hadir dalam sarasehan itu adalah Kepala Desa Panggungrejo beserta istri selaku Ketua PKK Desa Panggungrejo, beberapa perangkat desa, tokoh masyarakat, perawat Dyah Retno Martini, A.Md. Kep., para lansia, fasilitator lansia, dan Tim SMARThealth. Tercatat dalam buku hadir sebanyak 32 lansia dan 14 orang tamu undangan.

Foto bersama seluruh tamu undangan di pendopo

dr. Sri Sunarti, SpPD-KGER mewanti-wanti kepada para lansia Desa Panggungrejo bahwa intervensi akan segera dilakukan. Kelak nanti, fasilitator yang membantu dr. Sri Sunarti, SpPD-KGER akan menghimpun dan memberikan latihan kepada para lansia secara berkala selama tiga bulan. Fasilitator yang terdiri dari perawat-perawat muda itu terlatih, telaten, dan terampil.
Acara sarasehan yang berlangsung sekitar satu jam lebih itu ditutup dengan foto bersama dari seluruh tamu undangan yang hadir dalam kegiatan sarasehan yang digelar di pendopo desa itu. *** [170120]


Penulis : Budiarto Eko Kusumo Penyunting Naskah: Rilya Bagus Ariesta Niko Prasetyo


0 Comments: