Instalasi eKader di Puskesmas Wagir

Jadwal kunjungan instalasi eKader hari kelima (Jumat, 20/11/2020) yang dilakukan oleh Tim SMARThealth Universitas Brawijaya (UB) ini, menyasar dua desa di wilayah Kecamatan Wagir, yaitu Desa Sidorahayu dan Desa Mendalanwangi.

Acara instalasi aplikasi itu dilaksanakan di Ruang Pertemuan Puskesmas Wagir yang beralamatkan di Jalan Pandanrejo No. 61 Desa Pandanrejo, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Lokasinya berada di halaman belakang Puskesmas Wagir.


Instalasi aplikasi eKader di Puskesmas Wagir (20/11/2020)

Kegiatan instalasi aplikasi eKader molor setengah jam karena menunggu beberapa kader dari Desa Mendalanwangi. Sehingga, mulai kegiatan dilakukan pada pukul 09.32 WIB.

Selain kader kesehatan yang terpilih oleh desanya masing-masing, tampak hadir pula staf PTM Puskesmas Wagir, Fenny Noviana, A.Md.Kep, yang berkenan memfasilitasi acara instalasi tersebut, dan perawat Desa Sidorahayu, Dimas Kurniawan, A.Md.Kep,  yang mendampingi kader kesehatan Sidorahayu serta bidan Desa Mendalanwangi, Naning Fadilah, A.Md.Keb, yang mengawal kader Mendalanwangi. Di tengah acara, terlihat juga bidan Desa Sidorahayu, Sartika Arimbi, S.ST di dalam ruang pertemuan itu.

Dalam proses instalasi aplikasi eKader, seperti biasa muncul juga kendala-kendala. Kendalanya lebih kepada spesifikasi handphone (HP) yang dimiliki oleh masing-masing kader kesehatan. Hal ini tergolong lumrah, mengingat spesifikasi HP didasarkan kepada kepemilikan kader. Sehingga, terdapat aneka HP baik yang keluaran baru maupun lama.

Umumnya yang mengalami perlambatan proses instalasi terjadi pada HP yang keluaran lama. Di samping spesifikasinya lama, biasanya kalau HP sudah lama dipegang oleh seseorang secara otomatis file yang tersimpan pun juga akan memenuhi memori. Foto dan video senantiasa menjadi penghalang lancarnya proses menginstal aplikasi pada HP keluaran lama.

Yang terjadi pada kader Sidorahayu, terdapat 2 kader yang HPnya dikatakan lemot (lambat jalannya). Namun akhirnya bisa selesai instalannya setelah, mereka menghapus foto dan video yang selama ini tersimpan di dalam HPnya. Sedangkan, kasus yang terjadi pada kader Mendalanwangi ditemui seorang kader yang hingga akhir tidak bisa mencapai final lantaran keterbatasan memory space di HP. Untung, bidan Mendalanwangi mempersilakan tablet miliknya untuk diinstal aplikasi eKader. Hal ini untuk jaga-jaga manakala HP kader memang tidak bisa untuk menginstalnya.

Pemasangan aplikasi eKader di Puskesmas Wagir ini selesai pada pukul 10.45 WIB, di tengah suara lantunan ayat suci Al Qur’an berkumandang pertanda Jumatan sudah dekat. Pemandu kemudian berpamitan untuk melanjutkan langkah menuju ke Puskesmas Pakisaji, akan tetapi di tengah jalan mampir ke masjid dulu untuk menunaikan shalat Jumat. *** [201120]



Penulis : Budiarto Eko Kusumo   ǀ   Penyunting Naskah : Budiarto Eko Kusumo



0 Comments: