Instalasi eKader di Puskesmas Wajak

Sesuai jadwal, hari keempat ini (19/11/2020) agenda instalasi aplikasi eKader yang dilakukan oleh Tim SMARThealth Universitas Brawijaya (UB) dilaksanakan di Ruang Pertemuan Puskesmas Wajak yang terletak di Jalan Panglima Sudirman No. 161 Desa Wajak, Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur.

Desa sasaran yang melakukan instalasi aplikasi tersebut terdiri atas dua desa, yaitu Desa Dadapan dan Desa Sukolilo. Masing-masing kader dari desa itu terdiri dari 5 orang kader kesehatan terpilih. Mereka datang dari desa masing-masing menuju ke Puskesmas Wajak secara on time (tepat waktu) dengan berkendara motor.


Instalasi aplikasi eKader di Ruang Pertemuan Puskesmas Wajak (19/11/2020)

Namun, sayangnya acara instalasi aplikasi yang dimulai pada pukul 11.05 WIB itu ternyata terpaksa molor cukup lama, berjam-jam. Hal ini disebabkan oleh adanya kendala dalam browsing ke link di mana aplikasi itu berada.

Untungnya, para kader dari kedua desa itu tersebut bersemangat dan sabar. Semua handphone (HP) yang dipegang kader dan pemandu dari Tim SMARThealth UB tidak bisa konek ke link tersebut. Sudah disiasati dengan jaringan sinyal, baik dari pulsa, wifi Puskesmas Wajak maupun Modem WiFi M5 Andromax juga tak membuahkan hasil yang menggembirakan. Selalu muncul tulisan: ”Situs ini tidak dapat dijangkau.

Akhirnya, pemandu berusaha menghubungi Co-Principal Investigator SMARThealth berkenaan dengan kejadian tersebut. Screenshot tulisan itu kemudian dikirimkan ke Co-Principal Investigator SMARThealth, dan semua yang berada di Ruang Pertemuan Puskesmas Wajak menunggunya.

Sambil menunggu, pemandu dan kader berbincang untuk mengakrabkan diri. Tampak hadir pula perawat desa Dadapan yang sekaligus menjadi staf PTM Puskesmas Wajak, Nurul Hidayati, A.Md.Kep dan bidan Desa Sukolilo, Sari Dyah Kartiningrum, A.Md.Keb. Kedua petugas kesehatan itu dengan telaten mendampingi para kadernya masing-masing.

Ditunggu cukup lama, hampir mendekati dua jam lamanya, kegiatan kemudian diisi makan siang dengan menu ayam bakar khas Wajak yang telah disediakan. Selesai makan siang, sambil menunggu jalannya link aplikasi itu, kader yang hadir dipandu untuk mengisi Kader Online Survey. Tujuannya untuk mengetahui pengetahuan kader berkenaan dengan kesehatan pada saat ini, utamanya yang berhubungan dengan COVID-19.

Tepat pukul 13.50 WIB, link sudah bisa dibuka. Yang pertama kali memberi tahu hal ini adalah perawat Nurul Hidayati. Kemudian yang lainnya langsung mencoba membuka HPnya masing-masing. Prosesnya ada yang lemot (lambat jalannya), dan ada pula yang berjalan normal.

Semua bisa membuka link aplikasi tersebut. Cuma kemudian pada saat menginstal terdapat 3 orang kader yang terlalu lambat jalannya (lemot). Akhirnya atas kerelaan kader tersebut, mereka akan berusaha menginstal di rumahnya. Ketiga kader tersebut, 1 orang berasal dari Desa Sukolilo, dan 2 orang dari Desa Dadapan.

Sekitar pukul 14.40, acara ini selesai sudah. Pemandu mewanti-wanti kepada kader agar supaya nanti pada saat menghadiri pelaksanaan workshop pelatihan kader dan tenaga kesehatan di Hotel Ollino Garden, yang ancer-ancernya berada di belakang Mal Ramayana Malang, tidak tertukar membawa HPnya. *** [191120]


Penulis : Budiarto Eko Kusumo   ǀ   Penyunting Naskah : Budiarto Eko Kusumo


1 komentar: