Instalasi eKader di Puskesmas Sumberpucung

Hari ini, Rabu (18/11/2020), jadwal yang dibikin Seksi PTM Dinkes Kabupaten Malang adalah instalasi eKader untuk dua desa, yaitu Desa Karangkates dan Desa Jatiguwi. Kader dari kedua desa tersebut dikumpulkan oleh Seksi PTM Puskesmas Sumberpucung di Ruang Pertemuan Puskesmas Sumberpucung yang beralamatkan di Jalan TGP No. 2 Desa Sumberpucung RT 01 RW 01 Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur.

Ruang pertemuan yang cukup megah itu berada di lantai dua dari bangunan utama Puskesmas Sumberpucung. Meja pertemuan yang disusun memanjang itu membuat pemandu instalasi aplikasi dari Tim SMARThealth Universitas Brawijaya (UB) mudah melakukan identifikasi kader dari dua desa tersebut. Sebelah barat meja ditempati oleh kader kesehatan Karangkates, dan sebelah timur meja diisi oleh kader kesehatan Jatiguwi. Sedangkan, bagian utara meja untuk pemandu instalasi dengan latar tulisan Puskesmas Sumberpucung. Sementara itu, kedua perawat dari Karangkates dan Jatiguwi menempati sisi selatan meja guna mendampingi kadernya masing-masing.


Instalasi aplikasi eKader di Ruang Pertemuan Puskesmas Sumberpucung (18/11/2020)

Pertemuan yang dimulai pukul 11.15 WIB ini, dihadiri oleh kader kesehatan terpilih dari Desa Karangkates dan Desa Jatiguwi yang masing-masing desa 5 orang jumlahnya. Dari Desa Jatiguwi, kader-kadernya bisa datang semua, sementara yang dari Desa Karangkates hanya hadir 4 orang kader. Yang satunya tidak bisa hadir karena sedang hamil muda.

Proses instalasi aplikasi eKader di Puskesmas Sumberpucung ini, para kader menghendaki latihan bersama dengan dipandu oleh Tim SMARThealth UB. Tim SMARThealth UB berupaya memandu dengan tulisan alamat situs di mana aplikasi eKader itu bisa diunduh.

Setelah semuanya menuliskan alamat situs tersebut, kemudian pemandu meminta para kader untuk menginstalnya. Dalam proses instalasi ini, boleh dibilang berjalan dengan baik. Hanya saja ada beberapa handphone (HP) milik kader berjalan cukup lemot (lambat jalannya). Hal ini bukan karenanya sinyalnya, akan tetapi lebih kepada spesifikasi HPnya.

Kendala dihadapi oleh dua kader dari Karangkates, yang kebetulan memegang HP keluaran lama dan isi foto maupun videonya cukup banyak di tengah keterbatasan memori yang ada di HP itu. Sehingga, solusinya harus dihapus sejumlah foto dan video tersebut jika instalasi aplikasi eKader ini ingin berjalan sebagaimana mestinya.

Solusi ini bisa berjalan pada kader yang memegang HP Andromax keluaran lama. Sementara itu, kader yang duduk di sebelahnya belum bisa final instalasinya, lantaran banyak video kumpulan lagi yang bercokol di HP nya. Sehingga, kader tersebut rela untuk melanjutkan instalasi aplikasi di rumahnya setelah, kumpulan foto maupun video tersebut dihapus atau dipindahkan ke media lain.

Usai instalasi itu, para kader dan pemandu dipersilakan mencicipi bakso yang telah dihidangkan. Konsumsi ini disiapkan oleh bagian Tata Usaha Puskesmas dengan mendelegasikan kepada kedua perawat yang mengawal para kadernya dengan sabar dan telaten. Kedua perawat tersebut adalah Edwin Irfansyah, A.Md.Kep (Karangkates), dan Yusvika Triswindari, A.Md.Kep (Jatiguwi).

Sekitar pukul 12.30 WIB berakhir sudah rangkaian acara instalasi aplikasi eKader. Sehingga, nantinya pada waktu kader mengikuti pelaksanaan workshop kader kesehatan dan tenaga kesehatan Program SMARThealth Kabupaten Malang yang akan digelar di Hotel Ollino Garden Malang pada 23-24 November 2020, sudah tinggal fokus kepada materi dan praktek saja. *** [181120]


Penulis : Budiarto Eko Kusumo   ǀ   Penyunting Naskah : Budiarto Eko Kusumo


1 komentar:

  1. Terimakasih P.Budi telah membantu kami menginstal aplikasi eKader Smarthealt

    BalasHapus