Instalasi eKader di Sepanjang

Selesai memandu instalasi eKader di Majangtengah, Tim SMARThealth Universitas Brawijaya (UB) melanjutkan langkah menuju ke Desa Sepanjang sesuai jadwal yang telah diagendakan Seksi PTM Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Malang.

Instalasi aplikasi dilaksanakan di Pendopo Balai Desa Sepanjang yang terletak di Jalan Basuki Rachmat No. 111 Dusun Krajan, Desa Sepanjang, Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur pada Selasa (17/11/2020).

Instalasi aplikasi eKader di Sepanjang, Gondanglegi (17/11/2020)

Dimulai sekitar pukul 14.30 WIB, acara instalasi aplikasi eKader ini yang seyogyanya dihadiri oleh semua kader kesehatan terpilih (5 orang kader) ternyata tampak hadir 4 kader kesehatan. Satu kader lainnya tidak bisa hadir lantaran bersamaan dengan acara menghadiri pernikahan.

Terlihat pula perawat desa Sepanjang, Istuning Nur Choirunnisa, A.Md. Kep., yang dengan telaten mendampingi para kader dalam melakukan instalasi aplikasi eKader, dan menyediakan camilan dan minuman.

Berbeda dengan di Majangtengah, kader Sepanjang telah memiliki Tablet Samsung Galaxy Tab 3 V tinggalan pilot SMARThealth (2016-2018). Sehingga, instalasi aplikasi dilakukan di Tablet tersebut.
Dalam instalasi eKader di Sepanjang dikatakan cukup lancar. Namun demikian bukan berarti tidak menemui kendala. Dari 4 Tablet yang dilakukan pemasangan aplikasi eKader terdapat 1 Tablet yang mengalami kendala tidak bisa diinstal dengan sempurna. Tablet yang tidak bisa tuntas instalasi itu, memanggil situs di mana aplikasi itu berada tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya di web browser Chrome. Sehingga perlu diinstal dulu web browser Google. Sedangkan, tablet yang satunya menunggu kader tersebut sudah pulang dari hajatan.

Proses instalasi di Sepanjang relatif lebih cepat ketimbang di Majangtengah, hal ini salah satunya dikarenakan wifi yang terpasang di Balai Desa Sepanjang cukup kuat sinyalnya.

Usai instalasi rampung, kemudian dilanjutkan dengan nostalgia. Karena semenjak muncul pandemi COVID-19, komunikasi tatap muka dalam kumpulan kader secara langsung cenderung dibatasi. *** [171120]


Penulis : Budiarto Eko Kusumo   ǀ   Penyunting Naskah : Budiarto Eko Kusumo


0 Comments: