Pertemuan Seksi Medis Klub Jantung Sehat YJI Cabang Malang Raya

Pertemuan Seksi Medis Klub Jantung Sehat digelar Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Cabang Malang Raya bertempat di Pendopo Pemerintah Kabupaten Malang yang berada di Jalan Panji No. 158 Kelurahan Penarukan, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur, pada Ahad (22/11/2020) pagi.

Acara ini tepat dimulai pada pukul 08.00 WIB di saat hujan lebat mengguyur Kepanjen. Diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya oleh para hadirin, dan kemudian dilanjutkan dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh dr. Mustofa Shahab.

Usai doa, diteruskan dengan laporan sekretaris YJI Cabang Malang Raya, Mudjiono Adi, S.H. Dalam laporan itu disebutkan bahwa selama ini YJI hanya mengadakan pertemuan Pelatih dan Ketua Klub Jantung Sehat, dan belum memikirkan pertemuan Seksi Medis Klub Jantung Sehat. Padahal Seksi Medis adalah yang selalu merekam, dan memonitor kesehatan anggotanya, baik tekanan darahnya, nadinya, dan lain-lain.


Foto bersama Pengurus Yayasa Jantung Indonesia Cabang Malang Raya dan Seksi PTM Dinkes Kabupaten Malang (22/11/2020)

Atas dasar inilah kemudian YJI mengadakan pertemuan Seksi Medis dengan dasar pelaksanaan program kerja YJI Cabang Malang Raya dan RAB Tahun 2020.

Aneka kegiatan yang dilakukan dalam pertemuan tersebut adalah pengarahan/pemaparan dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Malang, dan ceramah jantung dari dua narasumber, yaitu dr. Heny Martini, Sp.JP (K),FIHA dan dr. Cholid Tri Cahyono, M.Kes, Sp.JP(K),FIHA.

Untuk pembiayaan pertemuan ini, menurut laporan sekretaris YJI, berasal dari Pemerintah Kabupaten Malang melalui Dana Hibah Tahun 2020 kepada YJI Cabang Malang Raya.

Selesai laporan sekretaris YJI, acara diteruskan dengan sambutan dari Ketua YJI Cabang Malang Raya, Dra. Hj. Dewanti Rumpoko, M.Si. Dalam sambutannya, Dewanti mengatakan bahwa YJI Cabang Malang Raya ini tergolong organisasi yang sangat baik dan aktif dibandingkan YJI Cabang lainnya yang ada di Jawa Timur.

Oleh karena itu, Dewanti yang kesehariannya menjabat sebagai Wali Kota Batu, mengapresiasi segala kegiatan yang diadakan YJI Cabang Malang Raya. Selain itu, Ketua YJI Cabang Malang juga memaparkan bahwa penyakit jantung sesungguhnya merupakan efek dari pola hidup kita yang serba dimudahkan. Semua sudah siap. Sehingga, aktivitas fisik menjadi sangat berkurang. Hanya dengan aktivitas perilaku hidup sehat, penyakit jantung bisa diminimalisir.

Setalah sambutan Ketua YJI Cabang Malang Raya, acara kemudian dilanjutkan dengan pemaparan dari Seksi PTM Dinkes Kabupaten Malang. Pemaparan adalah suatu bentuk retorika yang berusaha menerangkan dan menguraikan suatu pokok pikiran yang dapat memperluas pandangan atau pengetahuan seseorang yang membaca atau mendengarkan uraian tersebut.

Pemaparan pertama disampaikan oleh Kepala Seksi PTM dan Keswa Dinkes Kabupaten Malang, Paulus Gatot Kusharyanto, SKM dengan mengambil judul “Program Layanan Inovasi SMARThealth Dalam Mewujudkan Kabupaten Malang Sehat Jantung.”

Dalam paparan itu, Paulus menjelaskan seluk beluk dan persoalan PTM terutama penyakit jantung dan pembuluh darah lainnya yang ada di Kabupaten Malang hingga mengenalkan Program Inovasi SMARThealth (Systematic Medical Appraisal Refferal Treatment health) kepada komunitas YJI Cabang Malang.

Kemudian pemaparan kedua dibawakan oleh Staf PTM Dinkes Kabupaten Malang, Nur Ani Sahara, S.Kep.Ns dengan judul “Konsep Posbindu PTM.” Seluk beluk dan agenda Posbindu dijelaskan oleh Nur Ani Sahara dengan gamblang dalam pertemuan.

Pemaparan ketiga diampu oleh staf PTM Keswa Dinkes Kabupaten Malang, Gatot Sujono, S.St., M.Pd dengan judul “Kawasan Tanpa Asap Rokok (KTR).” Gatot menjelaskan perihal seluk beluk kesakitan yang disebabkan oleh rokok maupun asap rokok dalam hubungannya dengan PTM.

Usai pemaparan dari ketiga orang tersebut, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang dipandu oleh Sekretaris YJI Cabang Malang Raya. Namun setelah ditunggu-tunggu tidak ada yang mengemukakan pertanyaan.

Kemudian acara diselingi dengan ice breaking dengan permainan tepuk tangan yang dipandu oleh instruktur dari YJI. Peserta yang duduk di sebelah selatan dari garis tengah pendopo akan bertepuk tiga kali, sedangkan peserta yang duduk di sebelah utara dari garis tengah pendopo akan bertepuk dua kali. Setelah diberi aba-aba oleh instruktur, suasana di pendopo jadi riuh kembali. Memang ice breaking ini ini bertujuan agar supaya para peserta pertemuan ini refresh atau segar kembali, tidak mengantuk.

Acara pertemuan Seksi Medis Klub Jantung Sehat lalu dilanjutkan dengan ceramah jantung oleh kedua dokter spesialis jantung yang menjadi narasumber. Narasumber pertama diisi oleh pemaparan dr. Heny Martini, Sp.JP(K) FIHA tentang “Deteksi Dini Penyakit Jantung Bawaan”, dan narasumber kedua berisi pemaparan dr. Cholid Tri Cahyono, M.Kes perihal “Rehabilitasi Pasca Tindakan Jantung.”

Berakhirnya pemaparan kedua narasumber dengan sejumlah pertanyaan dari hadirin, menandai selesainya rangkaian pertemuan Seksi Medis Klub Jantung Sehat di Pendopo Pemerintah Kabupaten Malang oleh YJI Cabang Malang Raya. *** [221120]


Penulis : Budiarto Eko Kusumo   ǀ   Penyunting Naskah : Budiarto Eko Kusumo
 


0 Comments: