Perekrutan Enumerator Baseline

Enumerator adalah petugas lapangan yang membantu tugas tim peneliti dalam kegiatan pengumpulan data (data collecting). Tugas utama enumerator pada program SMARThealth adalah untuk melaksanakan wawancara dan melakukan pengukuran kesehatan secara objektif pada semua responden yang tercantum pada daftar responden.
Daftar responden ini diperoleh dari daftar penduduk yang ada di masing-masing desa atau kelurahan setelah melalui screening penduduk sesuai yang diperlukan dalam penelitian SMARThealth ini, yaitu anggota masyarakat yang ada di wilayah pencacahan (wilcah) dipilah-dipilah dan dipilih yang berumur 40 tahun ke atas.
Agar diperoleh enumerator yang sesuai dengan yang diharapkan pada program SMARThealth, maka dilakukan rekrutmen terlebih dahulu secara selektif.
Rekrutmen ini dilakukan setelah adanya penyesuaian program SMARThealth berdasarkan standard operating procedure (SOP) penatalaksanaan penyakit kardiovaskular yang dikembangkan di Puskesmas dan Ponkesdes di Kabupaten Malang dan pengambilan data kependudukan yang ada di Desa Sidorahayu (Wagir), Desa Karangduren (Pakisaji), Kelurahan Kepanjen (Kepanjen), dan Desa Sepanjang (Gondanglegi).
Rekrutmen calon enumerator baseline dilaksanakan selama bulan Juli 2016. Dalam rekrutmen ini, Program Coordinator melakukan seleksi terhadap calon enumerator yang telah mengirimkan surat lamaran dan curriculum vitae dari berbagai daerah di Pulau Jawa. Ada ratusan lebih pelamar calon enumerator baseline yang telah masuk ke Program Coordinator. Dari sekian ratus pelamar tersebut, dilakukan seleksi administrasi dan wawancara terhadap calon enumerator baseline dengan menggunakan telepon.
Akhirnya, terpilih 25 orang enumerator yang bakal mengikuti pelatihan enumerator di Kepanjen, Kabupaten Malang. Seleksi ini memang memiliki pesyaratan yang lumayan ketat. Selain persyaratan jenjang pendidikan yang harus ditempuh minimal D3, juga diutamakan yang telah memiliki pengalaman di lapangan dengan standar penelitian besar seperti Indonesian Family Life Survey (IFLS), Work and Iron Status Evaluation (WISE), the Study of the Tsunami Aftermath and Recovery (STAR), Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas), atau penelitian lainnya. *** [310716]

0 Comments: