Kuliah Tamu di Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya

Sehari setelah peluncuran program SMARThealth Extend (Launching SMARThealth Extend Indonesia), salah seorang steering committee SMARThealth mendapat undangan untuk memberikan kuliah tamu untuk dosen-dosen di Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FKUB) Malang pada Kamis, 10 November 2016. Dia adalah Gindo Tampubolon, B.Eng, MM, M.Sc, Ph.D dari University of Manchesters, Inggris dengan topik “Bagaimana Menulis di Jurnal Internasional.”


Dalam kuliah tamu itu, Gindo Tampubolon memulai dengan ceritera tentang banyaknya penelitian besar di Indonesia tapi ternyata masih minim para peneliti di Indonesia yang mau memanfaatkan hasil penelitian itu. Celakanya, hasil penelitian itu malah banyak ditulis oleh peneliti-peneliti dari luar negeri.
Berangkat dari ceritera itu, Gindo Tampubolon yang telah banyak melahirkan tulisan di Jurnal Internasional terpanggil untuk melakukan sharing menulis di Jurnal Internasional. Dia menjelaskan kiat-kiat menulis yang baik dan bisa diterima di Jurnal Internasional untuk dimuat, mulai dari teknik penulisan sampai dengan memilih jurnalnya.


Kuliah tamu ini dihadiri oleh 9 orang dosen di FKUB yang memang tertarik untuk menulis di Jurnal Internasional, dan kebetulan dari Sekretariat SMARThealth juga menghadirinya.
Setelah usai kuliah tamu, Gindo Tampubolon dikerubungi oleh dosen-dosen yang akan mengambil kuliah S3 di Manchester. Dalam kesempatan itu, dia juga menjelaskan mengenai penelitian SMARThealth yang dilakukan di Kabupaten Malang ini tergolong besar, dan diharapkan dari FKUB nanti bisa memanfaatkan data yang sedang dikumpulkan di lapangan itu untuk ditulis di Jurnal Internasional. *** [101116]

0 Comments: