Kegiatan Posbindu Anggrek 2 Kepanjen di Bulan Oktober 2020

Kegiatan Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) Anggrek 2 Kepanjen merupakan kegiatan yang melibatkan peran serta masyarakat dalam rangka deteksi dini, pemantauan dan tindak lanjut dini faktor risiko penyakit tidak menular (PTM) secara mandiri dan kerkesinambungan. Posbindu ini bisa dikatakan sebagai kegiatan UKBM, usaha kesehatan bersumber daya masyarakat. 

Warga setempat menyebut kegiatan Posbindu Anggrek 2 ini dengan sebutan Posbindu SMARThealth, karena giatnya Posbindu ini mulanya dimotori oleh kader-kader kesehatan setempat yang telah mendapat pelatihan dari program SMARThealth.


Sebelum  memasuki ruangan Balai RW 01 Kepanjen, warga dicek suhu tubuhnya

Bulan ini, Oktober 2020, kegiatan Posbindu Anggrek 2 berlangsung di Gedung Balai RW 01 Kepanjen, atau dikenal juga dengan PAUD Tunas Ceria, yang beralamatkan di Jalan Banurejo RT 05 RW 01 Kelurahan Kepanjen, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur, pada Sabtu (03/10/2020).

Kegiatannya yang sudah rutin secara mandiri semenjak tahun 2019 ini dimulai pada pukul 08.30 WIB, dan berakhir pada pukul 11.17 WIB. Dalam kurun waktu itu, jumlah warga yang memeriksakan diri di Posbindu itu berjumlah 37 orang, laki-laki ada 11 orang dan perempuannya ada 26 orang.

Dalam situasi pandemi corona ini, suasana pemeriksaan terlihat sedikit berbeda dengan lazimnya sebelum muncul COVID-19. Kegiatan kali ini menggunakan protokol kesehatan yang telah disarankan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Malang.

Warga yang akan berkunjung ke Posbindu diatur pembagian jam kunjungnya. Hal ini agar supaya tidak terjadi penumpukan antrian, sehingga dengan demikian social distancing tetap bisa dipertahankan. Begitu ada warga yang akan periksa di Posbindu, dihimbau oleh kader yang bertugas sebagai among tamu agar supaya mencuci tangan terlebih dahulu dengan menggunakan sabun di tempat yang telah disediakan. Kemudian mereka akan disambut oleh kader yang bertugas mengukur suhu badan dengan menggunakan thermometer infrared gun di mana pengecekan suhu tubuh tidak perlu bersentuhan dengan antar manusia. 

Setelah itu, mereka menuju ke meja  pendaftaran jika suhu tubuhnya dalam keadaan normal. Dari meja pendaftaran, mereka akan menuju meja 2 untuk melakukan pengukuran berat badan, tinggi badan, dan lingkar pinggang. Lalu, mereka akan menuju ke meja 3 untuk melakukan pengecekan tensi dan gula darah. Bila warga menghendaki pengecekan kolesterol dan asam urat, Posbindu Anggrek 2 bisa melayaninya. Dari meja 3 seharusnya menuju ke meja 4 untuk melakukan konseling kesehatan, akan tetapi kala itu dokternya tidak bisa hadir karena kegiatan lain yang tak kalah pentingnya.

Sehingga, mereka langsung menuju ke meja 5 yang digawangi oleh perawat dan bidan Ponkesdes Panji Husada Kepanjen. Petugas kesehatan itu siap melayani para warga yang periksa. Bila didiagnosis bermasalah dalam hipertensi, gula darah atau kolesterolnya, petugas kesehatan akan memberikan obatnya secara gratis.

Yang menarik pada pemeriksaan di bulan ini, adanya lima warga baru yang berkenan melakukan pemeriksaan di sini. Dua diantaranya berasal dari RT 07 RW 01. Satunya perempuan dan hasilnya normal. Kemudian yang satunya masih muda berumur 37 tahun berjenis kelamin pria, tensi dan kolesterolnya normal sehingga mereka tidak mendapatkan obat.

Kehadiran warga itu kemungkinan besar diperkirakan karena mengudaranya program SMARThealth di Radio Kanjurahan FM dalam acara temu wicara sehari sebelum kegiatan Posbindu tersebut. Dalam siaran itu, narasumber menghimbau kepada warga Kepanjen bila ingin periksa PTM ala SMARThealth bisa berkunjung di Balai RW 01 Kepanjen. *** [031020]


Penulis : Budiarto Eko Kusumo   ǀ   Penyunting Naskah : Budiarto Eko Kusumo


0 Comments: