Praveen Jenguk Sekretariat SMARThealth

Hari ini (31/01/20) Dr. Devarsetty Praveen akan melakukan audiensi dengan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Malang drg. Arbani Mukti Wibowo selepas Jumatan. Namun, ia yang ditemani oleh Co-Principal Investigator SMARThealth Scale-Up Indonesia, Sujarwoto, S.I.P., M.Si., M.P.A., Ph.D. mampir terlebih dahulu ke Sekretariat SMARThealth untuk menjenguk Tim SMARThealth, yakni, Budiarto Eko Kusumo, Rilya Bagus Ariesta Niko Prasetyo, dan Elmi Kamilah.
Tiba di Sekretariat sekitar pukul 11.35, saat menjelang tibanya sholat Jumat sehingga usai disambut dan dipersilakan masuk ke dalam Sekretariat, saya dan Co-Principal Investigator mohon izin terlebih dahulu untuk melakukan kewajiban seorang lelaki yang harus berangkat sholat ke masjid di kala hari Jumat.

Foto: Dr. Devarsetty Praveen menjelaskan kepada Koordinator MQ Sub-Study

Kebetulan hari itu, di Sekretariat ada Koordinator Medicines Quality (MQ) Sub-Study, Komang Tri Aksari Dewi, M. Farm, Apt. Jadi, Praveen tidak merasa sendirian dan malah bisa berdiskusi terlebih dahulu dengan Sari (nama panggilan dari Komang Tri Aksari Dewi). Dengan Praveen, Sari membahas mengenai protokol yang sudah dibuatnya serta rencana lapangannya hingga kami pulang dari masjid sekitar pukul 12.21 WIB.

Foto: Diskusi Tim SMARThealth di Sekretariat

Sepulang dari masjid, Tim SMARThealth langsung bergabung diskusi dengan Praveen, termasuk juga Co-Principal Investigator. Dalam diskusi itu terjadi dialog yang menarik seputar mencari kesepahaman langkah dalam persiapan Scale-Up yang dihelat selama lima tahun ke depan. Scale-Up itu bahasa yang acapkali digunakan di antara Tim SMARThealth, sedangkan di lingkungan Dinas Kesehatan maupun Pemerintah Kabupaten Malang (Pemkab) Scale-Up itu akrab disebut dengan replikasi.
Diskusi ini berakhir pada pukul 12.42 WIB. Meski diskusinya tidak berlangsung lama, akan tetapi cukup berkesan. Karena kunjungan Praveen hari ini agak berbeda dengan kunjungan-kunjungan sebelumnya. Tak hanya berjumpa dengan Tim SMARThealth melainkan juga bersua dengan Koordinator MQ Sub-Study.
Usai berdiskusi, Praveen, Sujarwoto dan saya berangkat ke Kantor Dinkes Kabupaten Malang untuk audiensi dengan Kepala Dinkes dengan beberapa stafnya. Pertemuan ini memang sudah dijadwalkan jauh-jauh hari sebelumnya. *** [310120]


Penulis : Budiarto Eko Kusumo Penyunting Naskah: Rilya Bagus Ariesta Niko Prasetyo


0 Comments: