Menengok Posbindu Anggrek 2 Kepanjen di Bulan Februari 2020

Tim SMARThealth kembali memenuhi undangan untuk menengok kegiatan yang digelar di Posbindu Anggrek 2 Kepanjen yang bertempat di Balai RW 01. Lokasinya beralamat di Jalan Banurejo RT 05 RW 01 Kelurahan Kepanjen, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur.
Undangan ini sudah dikabarkan secara lisan kepada Tim SMARThealth beberapa hari yang lalu. Karena kebetulan longgar, Tim SMARThealth bisa hadir dalam kegiatan Posbindu tersebut. Di antara anggota Tim SMARThealth malah turut membantu kader dalam melakukan pengukuran tensi.
Kegiatan Posbindu Anggrek 2 ini merupakan salah satu wujud kegiatan yang masih eksis secara berkesinambungan setiap bulannya paska selesainya riset SMARThealth. Pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Malang sendiri memberikan apresiasi tersendiri pada kegiatan tersebut. Pasalnya, dalam Posbindu itu telah terjadi sinergisitas yang ideal antara kader, Ponkesdes, dan Puskesmas setempat.

Foto: dr. Davit sedang mempelajari hasil pengukuran kader

Dalam kegiatan ini hadir dr. Davit dari Puskesmas Kepanjen, perawat Nurul Mashfiyah, bidan Reny Dewi Prasasti, bidan Yudha Purwaningdyah Sarihandini, 3 kader SMARThealth, dan 2 kader Posyandu. Seperti biasanya, sesama kader saling berbagi peran dalam menyambut pasien yang bertandang di Posbindu Anggrek 2. Ada yang bertugas di bagian buku tamu, pengukuran tinggi dan berat badan, tensi, pengecekan gula darah. kolesterol maupun asam urat, serta satu orang kader yang mengatur antrian dan sekaligus menjadi penghubung ke dokter yang melakukan pemeriksaan.

Foto bersama dengan dr. Davit

Sedangkan, tiga petugas kesehatan dari Ponkesdes Panji Husada bertindak sebagai penyedia obat-obatan yang diresepkan oleh dokter usai pasien tersebut periksa kepadanya. Dalam pemeriksaan pasien, dokter senantiasa memberikan wejangan kesehatan kepada pasien high risk yang rutin periksa di Posbindu tersebut. Nasihat kesehatan itu umumnya mengenai apa yang harus dilakukan oleh pasien dan apa yang musti dihindari atau ditinggalkannya. Seperti misalnya, ada pasien yang senantiasa mendapatkan obat Captopril. Dokter selalu memberikan anjuran kepada pasiennya agar supaya diminum di saat belum terisi makanan. Captopril akan bekerja secara optimal di kala lambung sedang kosong.
Pasien yang hadir dalam kegiatan Posbindu Anggrek 2 itu ada sebanyak 35 orang, yang umumnya adalah pasien high risk SMARThealth yang dari dulu rutin memeriksakan diri. Obat yang diberikan kepada pasien akan direkap oleh petugas Ponkesdes pada saat itu juga. Tujuannya agar supaya bisa dilaporkan kepada Puskesmas perihal penggunaan obat yang telah disuplainya.
Kegiatan ini berlangsung dari pukul 08.00 WIB dan selesai pada pukul 11.30 WIB. Setelah itu, semua yang bertugas menangani pasien itu dipersilakan untuk menyantap hidangan nasi urap dengan lauk telur dadar yang telah dimasakkan oleh para kader tersebut. Tak terkecuali, Tim SMARThealth juga diajak makan bersama. Kegiatan ini kemudian diakhiri dengan foto bersama. *** [010220]


Penulis : Budiarto Eko Kusumo Penyunting Naskah: Rilya Bagus Ariesta Niko Prasetyo


1 komentar: