Pilot Test DCE Kader Sitirejo

Pilot test Discrete Choice Experiment (DCE) di Desa Sitirejo, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang, diselenggarakan pada hari Rabu (04/03/2020). Pilot test ini merupakan pelaksanaan pilot test yang kelima setelah Pilot Test DCE Kader Sepanjang.
Implementasi pilot test ini sudah diagendakan semenjak pertemuan Tim SMARThealth dengan perawat Eva Fatmawati, S.Kep. Ners dari Ponkesdes Mutiara Bunda Sitirejo pada hari Sabtu (15/02/2020). Namun karena perawat Eva masih sibuk dengan pekerjaan keperawatannya, maka pilot test ini baru bisa dilaksanakan pada hari ini.

Kader Sitirejo

Bertempat di gedung Ponkesdes Mutiara Bunda, pilot test DCE ini dihadiri oleh 15 kader yang berasal dari lima dusun yang ada di Desa Sitirejo. Akan tetapi sayangnya, dari jumlah kader yang hadir tersebut, sebanyak delapan kader tidak bisa mengikuti wawancara dalam pilot test tersebut karena mereka umumnya baru bergabung dalam kader. Jadi, dalam pelaksanaan pilot test tersebut yang berhasil diwawancarai adalah sebanyak tujuh orang kader.

Paparan perihal DCE for Kaders

Pelaksanaan pilot test yang digawangi oleh Budiarto Eko Kusumo ini, diawali dengan silaturahmi dari Tim SMARThealth dengan kader yang hadir, dan diteruskan dengan foto bersama terlebih dahulu. Kemudian barulah dimulai wawancara DCE terhadap kader oleh tiga personil Tim SMARThealth yang telah disiapkan, yaitu Dasriyamto, Rilya Bagus Ariesta Niko Prasetyo, dan Elmi Kamilah.
Dalam silaturahmi ini menyedot waktu hampir satu jam lamanya, mengingat keingintahuan kader maupun Ponkesdes perihal pilot test DCE ini. Semangat dan antusias kader akan pilot test DCE ini merupakan sesuatu yang lumrah, karena pada umumnya dengan sesuatu hal yang baru mereka tertarik untuk mengetahuinya.
Pilot test yang dimulai pada pukul 09.30 WIB ini berakhir ketika masuk Dhuhur. Tim SMARThealth kemudian berpamitan dengan perawat Eva dan sejumlah kader yang masih ada di Ponkesdes. *** [040320]


Penulis : Budiarto Eko Kusumo Penyunting Naskah: Rilya Bagus Ariesta Niko Prasetyo


0 Comments: