Instalasi eKader di Majangtengah

Instalasi adalah pemasangan software untuk menjalankan sebuah aplikasi. Yang dimaksud aplikasi di sini adalah aplikasi untuk layanan kesehatan yang dikembangkan untuk deteksi dini risiko penyakit kardiovaskular di Kabupaten Malang yang diberi nama eKader.
Aplikasi eKader ini merupakan pengembangan dari aplikasi SMARThealth. Pada waktu pilot SMARThealth (2016-2018) aplikasi dikenal dengan sebutan aplikasi SMARThealth, namun kemudian setelah memasuki Replikasi Program SMARThealth yang dihelat oleh Pemerintah Kabupaten Malang melalui Dinas Kesehatan (Dinkes), nama aplikasi ini diumumkan dengan nama eKader.
Aplikasi eKader merupakan wujud dari penerapan teknologi informasi dan komunikasi dalam membantu suatu intervensi layanan kesehatan untuk deteksi dini risiko penyakit kardiovaskular, promosi, pencegahan dan pengobatan dasar.


Instalasi aplikasi eKader di Desa Majangtengah, Dampit (17/11/2020)

Sesuai namanya, aplikasi ini nantinya akan digunakan oleh kader kesehatan terlatih dalam melakukan skrining penyakit tidak menular (PTM) utamanya seputar penyakit kardiovaskular atau jantung.
Berdasarkan jadwal kunjungan Tim SMARThealth Universitas Brawijaya (UB) yang telah dirancang oleh Seksi PTM Dinkes Kabupaten Malang, maka Selasa (17/11/2020) ini instalasi aplikasi dilaksanakan di Pendopo Balai Desa Majangtengah yang beralamatkan di Jalan Raya Majangtengah, Dusun Lamabng Kuning, Desa Majangtengah, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur.
Hadir dalam instalasi aplikasi eKader tersebut adalah 4 kader kesehatan yang akan mengikuti pelaksanaan pelatihan kader kesehatan dan tenaga kesehatan Program SMARThealth besok pada tanggal 23-24 November 2020 di Hotel Balava yang lokasinya dekat Stasiun Kotalama Malang. Sedangkan 1 kader lainnya tidak bisa hadir dalam instalasi aplikasi tersebut karena sedang sakit. Namun demikian, ia menyuruh suaminya untuk membawakan handphonenya ke Pendopo Balai Desa Majangtengah.
Selain kader kesehatan, tampak hadir juga perawat desa Majangtengah, Irma Yunaningtiyas, A.Md. Kep. Perawat tersebut mendampingi para kadernya dalam melakukan instalasi aplikasi dengan antusias, dan bahkan mencoba membantu melakukan instalasi di handphone milik kader.
Dalam pelaksanaan instalasi yang dimulai menjelang pukul 12.00 WIB itu sempat mengalami beberapa kendala, yaitu kendala sinyal dan kendala spesifikasi handphone (HP).
HP kepunyaan kader kesehatan terdiri dari aneka bentuk dan kartu, seperti kartu Simpati, XL, dan Axis. Pada saat intalasi kebetulan ada beberapa yang mengalami lemot (proses instalasinya lambat). Kendala sinyal ini diatasi oleh Tim SMARThealth UB dengan menggunakan Modem WiFi M5 Andromax yang telah disiapkan.
Kemudian kendala spesifikasi HP. Kendala ini menyangkut memori yang ada di HP tersebut, dan tahun pembuatannya. Pada HP yang tergolong keluaran baru, proses instalasi bisa berjalan normal. Sedangkan, bagi memori HP yang pas-pasan harus merelakan penghapusan foto, video maupun game yang ada di dalamnya.
Dari kelima HP kader kesehatan tersebut, 4 buah instalasi berjalan dengan sukses setelah mengatasi kendala-kendala tersebut. Sedangkan, yang 1 HP lagi belum bisa tuntas lantaran pemiliknya masih punya pekerjaan rumah untuk menghapus foto dan video yang menyemarakan isi HP kader.
Sekitar pukul 13.16 WIB, instalasi aplikasi eKader di Desa Majangtengah akhirnya selesai sudah. Sehingga nantinya pada saat kader tersebut mengikuti pelatihan di Hotel Ollino Garden Malang sudah tinggal fokus kepada materi dan praktek saja. *** [171120]

Penulis : Budiarto Eko Kusumo   ǀ   Penyunting Naskah : Budiarto Eko Kusumo


0 Comments: